Catatan dari Diskusi Enrique de Moluccas

oleh -456 views

Kembali ke tragedi Lapu-lapu, kapal Conception dibakar di pulau Buhal karena mengalami kerusakan parah dan tidak ada lagi yang bisa mengawaki dan menakhodainya.  Tinggal Victoria dan Trinidad yang melanjutkan perjalanan ke Kepulauan Rempah. Awak yang selamat harus terus berlayar mencari Kepulauan Rempah yang entah dimana.

Victoria dan Trinidad terus berlayar ke Selatan dan sempat tersasar ke Brunei di pulau Borneo lalu mengitari ujung utara pulau itu memasuki Magindanao dan Sarangan. Disini mereka meminta dua orang Moor (sebutan orang Islam) yang sudah sering berlayar melalui jalur tradisional menuju Kepulauan Rempah.  Pada tanggal 6 November 1521, armada De Elcano tiba di gugusan pulau yang dikenal oleh “seorang budak Magellan asal Melayu” yang dipungutnya sewaktu berada di Malaka pada ekspedisi pertama, yang mengenal kedua pulau kerucut yang menjulang ke cakrawala sebagai Ternate dan Tidore.

Baca Juga  Mbappe Resmi Bergabung, Julukan Los Galaticos 3.0 Disematkan ke Madrid

Budak Melayu bernama “Henrique” (dalam sebutan ala Pigafetta dalam sebutan Spanyol kemudian dihispanikkan menjadi Enrique) menjadi kunci dari petualangan mengelilingi dunia penuh resiko ini. Siapakah Enrique de Moluccas atau Enrique de Negro (si Kulit Hitam)? Beberapa mengklaim bahwa Enrique berasal dari negeri mereka. Penulis Malaysia, Harun Aminurrashid menyebut Enrique Maluku nama aslinya Panglima Awang. Juga penulis Melayu yang lain, Abdul Latif Talib menyebut Enrique Melaka asal Melaka. Begitupun orang Filipina mengklaim Enrique de Negro berasal dari Visayas (Cebu).

No More Posts Available.

No more pages to load.