Catatan dari Diskusi Enrique de Moluccas

oleh -456 views

Semua orang dapat mengklaim seperti itu tetapi penulis, sejarawan dan sastrawan asal Spanyol, Bartholome Leonardo de Argensola (1563-1631) yang terbit di London tahun 1708, menyebutkan Henrique asli Maluku. Argensola hidupnya tidak berselisih jauh dengan suksesnya Armada de Moluccas pimpinan Magellan. Kenapa lima kapal tersebut dinamakan Armada de Moluccas, bukan kata Armada de Malaka atau Armada de Phillipine?

Di belakang hari, “budak” Magellan ini diketahui bukan orang Melayu melainkan orang Maluku (kemungkinan dari pulau Tidore) yang bernama  Enrique de Moluccas (Enriko Maluku) seperti dibahas dalam Clavis Mundi oleh Helmy Yahya dan rekan (2022).

Riset tim Clavis Mundi ini antara lain mengambil dari sumber-sumber primer antara lain De Moluccis Insulis karya Maximillianus Transylvanus (Asisten dan Notulen Raja Charles I Spanyol) dan yang paling aktual adalah film animasi Spanyol, Elcano & Magallanes La Primera Vuelta Almundo, dimana di menit 24:00-26:00 Enrique menawarkan diri untuk memandu perjalanan ke Maluku dan menjadi penerjemah kepada kapten-kapten Armada yang kesulitan mengakses rute. Kebetulan Enrique seorang polyglot, yang menguasai beberapa bahasa asing. Dan karena keahliannya itu ia mendapat bayaran tertinggi, 1.500 maravedu per bulan di atas pelaut senior yang hanya menerima 1.200 maravedu.

No More Posts Available.

No more pages to load.