Catatan dari Diskusi Enrique de Moluccas

oleh -456 views

Dalam film animasi Spanyol di atas di menit 60:02, Elcano mendekati Enrique yang terluka dalam pertempuran dengan Lapu-lapu dan berkata “We’ll get you back home, I promise”, yang menyiratkan pengakuan Spanyol atas asal-usul Enrique, Maluku.

Menutup artikel ini, konfirmasi yang bisa dikemukakan terkait dengan sosok Enrique de Moluccas sebagai orang Maluku adalah daya tahannya yang kuat selama perjalanan dari Spanyol ke Tidore. Jika rekannya yang lain kehilangan stamina karena malnutrisi, Enrique tetap bertenaga karena sepanjang perjalanan ia bisa mengonsumsi ikan mentah (gohu) tanpa dukungan karbohidrat sekalipun. Jika disebut, Enrique orang Maluku dari pulau Ambon, Seram atau pulau-pulau di selatan Maluku, tentu dia tidak akan mengenal dua puncak kembar Ternate dan Tidore di tanggal 8 November 1521.

Baca Juga  Putri Dubai Umumkan Cerai di Medsos: "Suamiku Tercinta, Aku Menceraikanmu"

Sebagai catatan kritis untuk Clavis Mundi, orientasi geografis, sosiologis dan antropologis masih terasa kurang menggambarkan wilayah Maluku yang sebenarnya. Apalagi si Datuk yang rasanya bukan orang asli Maluku. Sebutan “beta” untuk “diri sendiri” lebih berasa Melayu (Ambon) dibanding Maluku Utara.

Jika ia berasal dari Maluku Tengah dan Tenggara, penggunaan frasa “beta” belum sesuai dengan kultur Enrique yang orang Maluku Utara. Para penulis perlu meriset kembali wilayah Maluku umumnya dan Maluku Utara khususnya untuk lebih memberi daya temptasi bagi novel ini dalam perbaikan dan penerbitan edisi berikutnya. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.