Cegah Covid-19, DPRD Kota Ternate Sarankan Semi Lockdown

oleh -240 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ternate, Heny Sutan Muda meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku Utara segera berkoordinasi dengan forkopimda serta bupati/wali kota mengambil langkah semi lockdown.

Langkah ini menyusul ditetapkannya satu PDP di Maluku Utara positif Corona Virus Desease atau Covid-19 yang dirawat di RSUD Chasan Boesorie Ternate. Serta merespons penetapan siaga darurat bencana non alam Covid-19 oleh Pemprov Malut.

Heny mengapresiasi langkah Pemerintah Kabupaten Sula dan Pulau Morotai, yang menetapkan menetapkan status  tanggap darurat dan telah diumumkan pagi tadi, serta langsung menutup pintu masuk bandara dan pelabuhan sementara waktu.

“Kabupaten/kota lain tinggal pimpinan daerahnya mau atau tidak,” ucap Heni kepada para Jurnalis di Ternate, Rabu (25/3/2020).

Link Banner

Semi lockdown, menurut Heny, adalah penghentian sementara aktivitas penerbangan dan kapal penumpang yang menghubungkan wilayah Maluku Utara dengan sejumlah kabupaten/kota di provinsi terdekat.

Baca Juga  Tuntut Penyelesaian Kasus Dana BOS, Guru dan Siswa SMA Negeri 1 Buru Gelar Aksi

“Saya setuju, tapi bukan lockdown total, akan tetapi semi lockdown dengan waktu 14 hari saja, tanpa mengganggu distribusi barang seperti, mengangkut bahan pangan, kesehatan dan lainnya,” ujarnya.

“Perhubungan di tutup sementara waktu dan juga mengantisipasi penumpang TKA yang masuk untuk kepentingan pertambangan di stop,” imbuhnya.

Tak hanya itu, politisi Partai Demokrat ini juga menyoroti Alat Pelindung Diri (APD) dan hand sanitizer yang mulai langka di Ternate. Untuk membeli masker di distributor saja warga membawa kartu keluarga.

Ia meminta perhatian pemerintah daerah tingkatkan fasilitas pelayanan dan ruangan di RSUD serta fasilitas uji klinis khusus Covid-19. “Bagaimana empati pemerintah terhadap kekurangan alat pelindung diri (APD), masker dan bahan-bahan lain belum tersedia untuk masyarakat,” ujar Wakil Ketua DPRDKota Ternate ini. (red/rtm)