Cegah Penyebaran Covid-19, ini yang Diberlakukan Unkhair Ternate

oleh -225 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Guna menekan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 serta dalam rangka pencegahan dan penanganan Covid-19, Universitas Khairun Ternate kembali memberlakukan Bekerja Dari Rumah (BDR), atau Work From Home dan perkuliahan secara daring di lingkup Universitas Khairun Ternate.

Penerapan tersebut bertujuan mengatasi penyebaran Covid-19 di lingkup Unkhair Ternate dengan membatasi kegiatan fisik di lingkungan kantor Universitas Khairun dan diberlakukan BDR-nya selama 11 hari kerja yang akan mulai berlaku sejak tanggal 5 Juli 2021 sampai dengan 19 Juli 2021 mendatang, serta akan dievaluasi lebih lanjut sesuai dengan situasi dan kondisi.

Hal itu disampaikan melalui surat edaran Rektor Universitas Khairun dengan
Nomor : 1546/UN44/HM.09/2021
Tentang pemberlakuan kebijakan bekerja dari rumah, dan perkuliahan secara daring yang diterima porostimur.com tersebut, merupakan tindak lanjut dari laporan data peningkatan jumlah kasus terkonfirmasi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dari Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara, khususnya di wilayah Kota Ternate.

Baca Juga  Di Ambon, Ketua KPK Firli Bahuri Bicara Sinergitas Penegak Hukum

Hal tersebut juga dengan memperhatikan Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kemendikbud Ristek Nomor 9 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Kebijakan Bekerja dari Rumah di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dalam Rangka Pencegahan dan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), perlu diatur kebijakan bekerja dari rumah (BDR) dan perkuliahan secara daring

Terpisah Kepala Humas Universitas Khairun (Unkhair) Ternate Suratin Hasan SH, saat dikonfirmasi wartawan porostimur.com Sabtu (03/07/2021) melaui Via telepon selulernya membenarkan bahwa pemberlakuan kebijakan bekerja dari rumah dalam rangka pencegahan dan penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), sehingga diatur kebijakan bekerja dari rumah (BDR) dan perkuliahan secara daring.

” Kulia daring ini kami berlakukan selama 11 hari terhitung mulai tanggal 05 Juli 2021 lusa, dan itu akan kami tinjua kambali sesuai dengan kondisi tertentu”,ujar Suratin.

Menurutnya, surat tersebut memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang lain agar dapat mempersiapkan diri manghadapi kulia berbasis online serta dapat memahami surat edaran yang telah dikerlurkan sehak jumat kemarin.

” Mahasiswa yang berkegiatan di kampus sudah mulai dibatasi saat surat edaran itu dikeluarkan. Dan, mahasiswa himpunan yang memiliki sekretarit di kampus akan dibatasi aktifitasnya dan diminta untuk dikosongkan sekretariat sementara selama 11 (Sebelas) hari agar tidak ada lagi kegiatan malam di sekretariat dengan tujuan menghindari penyebaran Covid-19″, ucapnya.

Baca Juga  Tujuh Musisi Indonesia Ramaikan Festival Musik di Jepang

Disentil keseluruhan aktifitas kampus seperti KKN atau Kuliah Berkarya Bermasyarakat (Kubermas), Suratin mengatakan kegiatan itu tetap dilaksanakan tetapi harus sesuai dengan penerapan protokol kesehatan (Prokes) terkecuali pada saat evaluasi tim dosen bersama mahasiswa yang berada dilokasi kubermas akan dilakukan secara daring (online).

Kata Saritin, Kubermas dilakukan pada wilayah atau daerah – daerah tertentu seperti di kelurahan tetapi dengan prokes yang ketat. Menurutnya untuk pelaku kubermas yang sudah mengantongi surat vaksinasi tetap dengan penerapan protokol kesehatan seperti 5M menjelang kubermas.

Selain itu, Ia menuturkan kurang lebih 25% tenaga dosen masih tetap berkampus dengan sistem bagi Shif. “Kami ada tenaga admin atau dosen tertentu yang bertugas di laboratorium dan mereka itu diharuskan bekerja seperti biasa dengan berbagi jadwal seperti hari ini siapa besoknya siap”, tutur Suratin.

Baca Juga  Secangkir Kopi di Gelas Tua

Suratin bilang, Tak hanya itu, aktifitas mahasiswa seperti kegiatan keagamaan dan kegiatan praktek lainnya akan dibatasi guna menekan penyebaran Covid-19. Pasalnya, beberapa mahasiswa Unkhair tekah diinformasikan telah terpapar Covid-19 namun sampai saat ini belum diketahui secara detail keberadaan mahasiswa tersebut.

Sekedar diketahui, penerapan tersebut diberlakukan sesuai surat edaran yang telah di keluarkan Rektor Unversitas Khairun, dan telah disebarluaskan oleh kehumasan Khairun Ternate dengan nomor suarat NOMOR: 1546/UN44/HM.09/2021 Tentang Pemberlakuan Kebijakan Bekerja Dari Rumah (BDR), dan Perkuliahan secara daring di lingkungan Universitas Khairun dalam rangka pencegahan dan penanganan Covid-19. (adhy)