Cegah Penyebaran Covid-19 Pemdes Lata-Lata Gandeng FPII dan LAI Bentuk Tim Satgas Bencana

oleh -441 views
Link Banner

Porostimur.com |Halsel: Terkait dengan adanya Virus Corona (COVID-19) Pemerintah Desa Lata-Lata bersama Forum Pers Independen Indonesia (FPII) dan Lembaga Aliansi Indonesia melaksanaan Sosialisasi Tentang Pencegahan Penyebaran Covid-19 sekaligus membentuk Tim Satgas Bencana (TSB) Desa Lata-Lata

Sosialisasi pencegahan Covid-19 tersebut Pemerintah Desa dalam hal ini Desa Lata-Lata menindaklanjuti instruksi Pemerintah Daerah (Pemda) Halsel terkait pencegahan Covid-19.

Pencegahan Covid-19 itu dilakukan dengan cara jalan kaki sepanjang jalan dan di kawal langsung Anggota Kodim 1509/ Labuha melalui Babinsa Serda, Dafrin Adam yang juga ikut melakukan penyemprotan bersama Tim Satgas.

Kepala Desa Lata-Lata Kecamatan Kasiruta Barat Abdul Malik Gama dalam penyampaiannya mengatakan bahwa, untuk mencegah atau mempersempit penyebaran Virus Corona ini masyarakat harus bisa bersabar dan bisa mendengar apa yang yang disampaikan Pemdes Lata-Lata sehingga bisa bersama-sama cegah penyebaran Virus tersebut.

“Langkah ini kami lakukan untuk cegah/menghilangkan tersebarnya Covid-9 pada kalangan masyarakat desa khususnya Desa Lata-Lata,” ujarnya mengawali Sosialisasi Jumat (27/03/20)

Diketahui langkah cepat yang dilakukan Kepala Desa Lata-Lata bersama Forum Pers Independent Indonesia (FPII)Korwil Halsel dan Badan Penelitian Aset Negara Lembaga Aliansi Indonesia (BPAN LAI) didampingi Babinsa tersebut hanya membutuhkan waktu sehari dalam melakukan pemahaman pada masyarakatnya di Desa Tersebut

Pria yang akrap disapa Malik itu, Selatah melakukan Tim Satgas Pencegahan Covid-19 di desanya, dirinya bersama Tim dan Babinsa membagikan masker pada masyarakat yang dilanjutkan dengan pemasangan Baliho Teritorial pencegahan Covid-19 di dua tempat yakni, Depan Kantor Desa, dan kawasan pelabuhan sebagai bentuk Sosialisasi awal Pencegahan Penyebaran Virus disertakan dengan memasang bak air dilengkapi dengan sabun anti kuman untuk masyarakat dapat mencuci tangan secara rutin usai melakukan aktivitas.

Selain baik air dan pembagian masker, Abdul Malik juga berharap agar masyarakat bisa mendukung serta ikut mencegah penyebaran Covid-19 di Desa tersebut.

Baca Juga  Jika Menang Pikwako Ternate, MHB-GAS akan Terapkan E-Kelurahan

“Saya berharap kita semua baik masyarakat, Babinsa dan tim satgas untuk sama² bisa mencegah terjadinya penyebaran Virus Corona baik di diri sendiri keluarga maupun di kalangan masyarakat,” harap Kades Lata-Lata, Abdul Malik Gama.

Kemudian selain sosialisasi sepanjang jalan, Pemdes Lata-Lata memberikan selembar Maklumat Kapolri kepada Ketua LAI Halsel Sarjan Taib untuk membacakan Maklumat tersebut kepada masyarakat.

Sebelumnya, selain sosialisasi berupa himbauan langsung kepada masyarakat juga tidak luput dari Pelaksanaan kegiatan yang yang dilakukan Pria Nomor satu di Desa Lata-Lata dengan mengunakan sound sistem Ia menyampaikan himbauannya terhadap masyarakat Desa Lata-Lata

“Jangan dulu membuat kegiatan yang sifatnya berkumpul-Kumpul diantaranya seperti duduk bercerita di tempat umum duduk makan pinang rame-rame dan lain-lain seperti yang sudah dibacakan ketua Aliansi Indonesia tadi,” katanya

Baca Juga  PSSI Mulai Drawing Kualifikasi Pra PON Papua 2020. Maluku-Malut di Group 6

Lanjut kades, selain berkumpul kita juga dilarang menerima tamu meskipun sesama kita di Desa karena ini berdasarkan perintah dari pemerintah sehingga saya sampaikan dan ngoni saat terima tamu diluar dari kampung musti arahkan dorang untuk cuci tangan dulu sebelum dorang melakukan hal lain.

Pada kesempatan itu, Babinsa Dafrin Adam mengtakan bahwa, dengan adanya sosialisasi ini dirinya berharap masyarakat dapat menghentikan aktivitas yang sifatnya melibatkan banyak orang.

“saya harap torang semua dapat bekerja sama untuk mencegah penyebaran Virus ini dengan tidak harus duduk banyak²orang untuk sementara waktu sesuai edaran atau maklumat yang sudah di bacakan tadi,” tegasnya.

Terpisah di waktu sama Ketua Forum Pers Independen Indonesia (FPII) Korwil Halsel Muhammad Safullah mengatakan, kehadiran kami disini di undang Pemerintah Desa untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait cara mengonsumsi informasi atau berita yang benar.

“Kehadiran kami sebagai pihak media pada kesempatan ini untuk memberitahukan pada kalangan masyarakat khususnya di Desa Lata-Lata agar tidak gampang percayah isu hoax dan info yang tidak jelas sumbernya sehingga masyarakat dengan sendirinya tidak terjebak ketika ada informasi atau isu hoax yang tiba² beredar,” jelasnya.

Pria yang sering disapa Ipul itu menambahkan cukup penting dengan kondisi seperti ini sebagai orang media berperan aktif untuk memberikan pemahaman yang pada masyarakat agar tidak gampang percaya berita bohong.

Baca Juga  Kebakaran Kejagung karena Rokok, Warganet Ramai Menyindir: Mereknya Apa?

“Saya pikir media punya peran yang penting untuk memberikan kejelasan cara mengonsumsi berita yang baik sehingga masyarakat tidak gampang dibodohi dengan Isu Hoax seperti yang terjadi malam kemarin terkait seorang bayi yang baru lahir tiba-tiba menyuruh agar semua orang makan telur agar bisa terhindari dari Virus Corona padahal Isu sangat tidak jelas dan benar tapi kenapa masyarakat dapat dengan percaya hal ini yang takutkan terjadi kedua kalinya,” tuturnya.

Muhammad Saifulla bilang, masyarakat jangan gampang percayah dengan Isu Hoax seperti itu, “Skali lagi saya harap jangan gampang percaya dengan info yang tidak jelas sumbernya. Apabila ada info seperti itu segera kondirmasi pada Babinsa maupun Pemdes di Desa masing-masing,” harapnya.

Sebelumnya usai pembagian masker dan himbuan berupa sosialisasi tersebut, Pemdes Lata-lata melalui tim satgas bencana desa yang dibentuk kepala desa mempraktekkan cara pemakaian (Obat) seperti sabun cuci tangan, Desinvektan, Hand Sanitaizer sekaligus mencontohkan cara mencuci tangan yang baik agar bisa bersih dan terhindar dari berbagai virus termasuk Covid-19. (adhy)