Copot Chaniago, DPP KNPI Tunjuk Boy Latuconsina Sebagai Ketua Carateker DPD KNPI Provinsi Maluku

oleh -349 views
Link Banner


Porostimur.com | Ambon: Dewan Pimpinan Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI) telah memberhentikan Saiful Chaniago dari jabatan ketua carateker DPD KNPI Maluku dan mengangkat M. Bisri Latuconsina sebagai penggantinya, Selasa (27/7/2021).

Chaniago dicopot menyusul tersebarnya rekaman percakapannya di media sosial yang yang oleh DPP KNPI dinilai sebagai tindakan pragmatisme atau tindakan menguntungkan diri sendiri dengan memperoleh sejumlah uang

Hal ini seperti yang tertulis dalam Surat Keputusan DPP KNPI Nomor; Kep 071/DPP KNPI/VII/2021 tentang Pemberhentian Ketua Carateker dan Penetapan Pelaksana Tugas Ketua Careteker DPD KNPI Provinsi Maluku oleh tim Kepengurusan Careteker DPD KNPI Provinsi Maluku.

Bukan hanya Saiful Chaniago yang diberhentikan dari jabatannya, namun seluruh struktur pengurus dan struktur KNPI di level kabupaten/kota yang diberikan SK oleh Saiful Chaniago dianggap tidak berlaku lagi.

DPP KNPI juga menegaskan kepada pemerintah daerah kabupaten/kota untuk tidak membantu kepengurusan DPD II KNPI Maluku yang dikeluarkan oleh Saiful Chaniago.

Baca Juga  Bupati dan Wakil Bupati "Bakutanding" di Pilkada Kepulauan Sula

Adapun isi Surat Keputusan tersebut sebagai berikut:

  1. DPP KNPI telah memberhentikan Saudara Saiful Chaniago sebagai Ketua Careteker DPD KNPI Maluku dengan SK nomor; Kep 055/DPP KNPI/VII/2021 tentang Pengantian kepengurusan Careteker DPD KNPI Provinsi Maluku.
  2. DPP KNPI telah mengangkat saudara M. Bisri Latuconsina sebagai Pelaksana Tugas Kepengurusan DPD KNPI Provinsi Maluku sesuai SK dimaksud.
  3. Tim Carateker DPD KNPI Maluku menginstruksikan kepada semua carateker DPD II KNPI Kabupaten/Kota se-Maluku untuk tidak melaksanakan aktifitas apapun atas nama KNPI.
  4. Bahwa setelah SK Kepengurusan Carateker KNPI Maluku dicabut dan ditunjuk PLT Kepengurusan Careteker KNPI Maluku yang baru, maka semua produk hukum organisasi yang telah dikeluarkan oleh saudara Saiful Chaniago sebagai Ketua Careteker DPD KNPI Maluku yang lama sudah tidak berlaku.
  5. Mengingat SK Kepengurusan Careteker DPD II KNPI Maluku yang sudah dikeluarkan oleh saudara Saiful Chaniago selaku Ketua Careteker yang lama sudah tidak lagi berlaku. Maka, secepatnya Plt Kepengurusan Careteker DPD KNPI Provinsi Maluku yang baru akan mengeluarkan SK Kepengurusan Careteker DPD II KNPI se-Maluku.
  6. Bagi Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota se-Maluku agar tidak melayani atau membantu kepengurusan Carateker DPD II KNPI yg di SK kan oleh Saudara Saiful Chaniago sebagai Ketua Careteker yang lama. Sambil menunggu penerbitan SK Kepengurusan Carateker DPD II KNPI Kabupaten/Kota se-Maluku yang baru.
  7. Sesuai perintah Pengurus DPP KNPI, maka tim Kepengurusan Careteker DPD KNPI Maluku secepatnya akan melakukan konsolidasi organisasi untuk melaksanakan verifikasi Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) tingkat Provinsi Maluku dan mempersiapkan pelaksanaan Musyawarah Daerah DPD KNPI Provinsi Maluku.
Baca Juga  DPRD Maluku Gelar Vaksinasi Covid-19 Tahap Kedua

(nur)