Corona Merajalela, Kenali Jenis Masker yang Aman Sesuai Kebutuhanmu

oleh -44 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Penggunaan masker di tengah pandemi COVID-19 menjadi hal yang sangat penting karena dapat mencegah kamu terpapar wabah Coronavirus.

Pemerintah Indonesia sendiri mewajibkan masyarakat untuk mengenakan masker jika keluar rumah atau jika tubuh sedang dalam keadaan tidak fit. 

Beragam masker kini telah dengan mudah didapatkan, tak seperti awal Corona baru mengendus Indonesia.

Masker berbahan kain dengan beragam corak kini mudah kamu temui di pinggir jalan dengan harga sangat murah, bahkan diobral. Tapi, ada beberapa masker yang memang harus digunakan sesuai kebutuhan dan peruntukkannya saja.

Link Banner

Seperti dirangkum porostimur.com dari buku ‘Serba Covid, Cegah COVID-19 Sehat untuk Semua’, dari Badan POM, ada beberapa jenis masker yang harus kamu ketahui.

Baca Juga  Glenn Fredly di Mata Seniman dan Aktivis Maluku

Masker kain

Masker kain dapat digunakan oleh masyarakat yang sehat di tempat umum dan berinteraksi dengan orang lain, dengan tetap menjaga jarak minimal 1-3 meter. Masker kain juga dapat dicuci dan digunakan kembali. 

Masker bedah 

Digunakan untuk tenaga medis dan orang sakit. Penggunaan masker bedah disarankan bagi tenaga medis di fasilitas layanan kesehatan. Tapi, dapat dipakai masyarakat jika ada gejala flu, batuk, hidung berair dan radang tenggorokan. 

Masker N95 (tenaga medis dan kontak langsung) 

Penggunaan masker N95 dapat dilakukan secara berulang. Misalnya, setelah dipakai harus dijemur di bawah sinar matahari selama 3-4 hari hingga virus mati dan dapat digunakan kembali. 

Baca Juga  Doni Monardo: Sebelum Ada Vaksin, Indonesia Belum Aman dari Covid-19

Masker ini memiliki pori-pori yang kecil sehingga mampu menyaring 95 persen partikel besar maupun kecil di udara. Masker ini ketat jika digunakan. Sehingga yang memiliki penyakit tertentu, akan sulit bernapas. Jangan gunakan masker ini jika sudah berubah bentuk, basah dan kotor. 

Bagi kamu yang sehat, pakailah masker kain biasa untuk menjaga diri. Ingat, Corona masih merajalela. Jangan sepelekan!. (red/rtm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *