Cuaca Buruk, Pelni Cabang Ambon Tunda Pelayaran Kapal Perintis

oleh -47 views

Porostimur.com, Ambon – PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Cabang Ambon, Maluku, menunda pelayaran dua kapal perintis di provinsi itu menyusul peringatan gelombang tinggi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Kepala Operasional (Kaops) Pelni Cabang Ambon Muhammad Assegaf, mengatakan, larangan berlayar ini dikeluarkan, menyusul adanya potensi cuaca ekstrem yang terjadidi perairan Maluku, beberapa hari terakhir.

Assegaf bilang, pelayaran kapal perintis yang ditunda pelayarannya yakni Sabuk Nusantara 103 dengan rute menuju Tual, Elat, Molu, Larat, Rumean dan Saumlaki.

“Kemudian Kapal Sabuk Nusantara 106 rute Banda, Geser, Gorom, Kesui, Pulau Kur dan Tual,” ujarnya, Jumat (7/7/2023).

Assegaf mengatakan untuk kapal perintis yakni Sabuk Nusantara hingga kini belum dapat dipastikan kapan akan kembali beroperasi.

Baca Juga  Kemendikbud Ristek Resmi Hapus Jurusan IPA, IPS dan Bahasa di Semua SMA

“Hingga kini belum dapat dipastikan sampai kapan penundaan pelayaran itu, tergantung nakhodanya, karena juga melihat kondisi cuaca yang ada,” tukasnya.

Pasalnya, kata dia, kapal tersebut berukuran lebih kecil dibanding yang lainnya dan akan berbahaya apabila dipaksakan melaut dalam kondisi gelombang tinggi seperti saat ini.

Sebab itu para calon penumpang yang ingin menggunakan kapal tersebut diharapkan untuk tidak berlayar terlebih dahulu sampai dikeluarkan pengumuman selanjutnya. Assegaf menambahkan hal itu dilakukan demi keselamatan penumpang saat berlayar menuju rute yang telah ditentukan.

No More Posts Available.

No more pages to load.