Cuaca ekstrim, warga dihimbau waspadai banjir dan longsor

oleh -94 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Warga Kota Ambon dihimbau untuk mewaspadai guyuran hujan yang berpotensi berdampak pada terjadinya bencana banjir dan longsor.

Terlebih, dalam kurun beberapa hari terakhir ekstrimnya cuaca dengan intensitas  hujan yang tinggi terjadi di wilayah Pulau Ambon, sehingga warga diminta untuk siaga menghadapi bencana.

Hal ini ditegaskan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon, Demy Paays, saat berhasil dikonfirmasi wartawan, di Ambon, Senin (21/5).

”Warga yang bermukim di lereng bukit serta bantaran sungai yang rawan banjir diminta untuk siaga mengantisipasi tingginya curah hujan yang akan terjadi beberapa waktu mendatang, serta menghindar dari titik lokasi rawan bencana ke tempat yang aman,” ujarnya.

Link Banner

Selain waspada terhadap banjir dan tanahlongsor, akunya, warga juga diharuskan rutin dalam membersihkan lingkungan di sekitarnya.

Baca Juga  Sara Damnjanovic, Presenter Paling Mematikan di Dunia

Apalagi, tegasnya, curah hujan di Kota Ambon diprediksi masih akan tinggi dan berlangsung selang  bulan Mei hingga Juli nanti.

”Warga diminta untuk memperhatikan selokan dan jalur air, serta tidak membuang sampah ke sungai dan lereng gunung. Masyarakat harus siaga, jangan lengah menghadapi ancaman bencana alam, mengingat intensitas hujan pada beberapa bulan ke depan tinggi dan dalam tenggat waktu lama,” jelasnya.

Selain itu, terangnya, beberapa gejala terjadinya bencana juga harus diketahui warga, sehingga  bisa melakukan tindakan antisipasi.

Di antaranya, sebutnya, air sungai yang secara mendadak mengeruh, terjadinya retak pada tanah, batu kecil berjatuhan dari perbukitan dan tanah menjadi bergetar.

Untuk menindaklanjuti laporan warga, tambahnya, pihaknya telah menyiapkan petugas yang bersiaga di posko pada Kantor BPBD Karang Panjang Ambon.

Baca Juga  PMI Maluku, Semprot Cairan Desinfektan Mencegah Covid-19

”Jika menemukan beberapa gejala tersebut di musim hujan, maka diharapkan untuk meningkatkan kewaspadaan. Kalau perlu langsung mengungsi ke daerah yang aman, agar tidak terjadi bencana,” tandasnya. (keket)