12 Kesebelasan Resmi Lolos ke PON 2020 Papua

oleh -84 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Sebanyak 12 kesebelasan dipastikan lolos ke putaran final Pekan Olahraga Nasional (PON) XX cabang sepak bola putra yang Alan digelar di Papua pada tahun 2020 mendatang.

Babak kualifikasi sepak bola PON Papua 2020 telah usai dijalani pada Selasa (10/12/2019) lalu.

Komposisi 12 tim yang melaju ke putaran final PON Papua 2020 terdiri dari: 7 tim yang menjadi juara grup di babak kualifikasi, 3 tim dari perwakilan dari Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera, 1 tim juara bertahan, dan 1 tim tuan rumah.

Adapun 7 tim yang menjadi juara grup di fase kualifikasi yaitu Jawa Tengah dari Grup 1, Jawa Timur dari Grup 2, Nusa Tenggara Timur (NTT) dari Grup 3, Kalimantan Timur dari Grup 4, Sulawesi Utara dari Grup 5, Sulawesi Selatan dari Grup 6, serta Maluku Utara dari Grup 7.

Link Banner

Untuk 3 tim perwakilan Porwil Sumatera yang akan tampil di putaran final PON Papua 2020 adalah Aceh, Sumatera Utara, dan Bengkulu. Putaran final cabang sepak bola juga akan diikuti oleh Jawa Barat selaku juara bertahan, serta tuan rumah Papua.

Baca Juga  Sudah 6 Pejabat Kepulauan Sula Mundur di Era Hendrata Thes

PON XX 2020 di Papua akan dimulai pada 20 Oktober hingga 2 November 2020 mendatang dengan menggelar 37 cabang olahraga.

Ada 3 daerah di Provinsi Papua yang bakal menjadi tempat penyelenggaraan pesta olahraga terbesar level nasional ini, yaitu Kotamadya Jayapura, Kabupaten Jayapura, dan Kabupaten Mimika.

Gubernur Papua, Lukas Enembe, optimistis penyelenggaraan PON di wilayahnya akan berlangsung lancar, aman, dan tertib. Terlebih, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sangat mendukung pelaksanaan PON di Papua.

“Dengan demikian kita bersatu menyaksikan persatuan dan kesatuan bisa terjadi di Papua,” ucap Lukas Enembe dikutip dari website Kominfo.

“Pak Presiden sangat serius melihat Pekan Olahraga Nasional bagian dari bagaimana anak bangsa bisa bersatu, bertemu dalam pertandingan di Pekan Olahraga Nasional di Papua,” imbuhnya.

Baca Juga  Penutupan rangkaian SEPMT 2017 digelar di Kota Ambon

Berikut Daftar 12 Kesebelasan yang Lolos ke PON 2020 Papua:

Jawa Tengah (Juara Grup 1)
Jawa Timur (Juara Grup 2)
NTT (Juara Grup 3)
Kalimantan Timur (Juara Grup 4)
Sulawesi Utara (Juara Grup 5)
Sulawesi Selatan (Juara Grup 6)
Maluku Utara (Juara Grup 7)
Aceh (Porwil Sumatera)
Sumatera Utara (Porwil Sumatera)
Bengkulu (Porwil Sumatera)
Jawa Barat (Juara Bertahan)
Papua (Tuan Rumah)