Dampak Covid-19 Harga Gula Pasir di Halbar Melonjak

oleh -284 views
Link Banner

Porostimur.com | Jailolo: Untuk memantau stabilitas harga dan stok barang Sembilan Bahan Kebutuhan Pokok Masyarakat (Sembako) akibat adanya wabah Covid-19 di Maluku Utara, Dinas Perindustrian, Perdagangan Koperasi dan UKM (Disperindagkop) Kabupaten Hamahera Barat(Halbar) melakukan inspeksi mendadak di sejumlah agen sembako yang ada di Kota Jailolo.

Untuk diketahui, harga gula pasir di pasar Kota Jailolo dan sekitarnya saat ini dijual dengan harga Rp20.000 per kilogram.

Kepala Disperindagkop-UKM, Kabupaten Halmahera Barat, Martinus Djawa ketika dikonfirmasi, Ahad (29/3/2020) mengatakan, sejak pekan lalu tim dari Disperindag sudah mulai melakukan inspeksi di sejumlah agen sembako di Kota Jailolo dan sejumlah kecamatan sehingga minggu lalu hingga saat ini stok Sembako masih tetap aman, namun ada kenaikan harga gula pasir dan stoknya juga sudah menipis.

Baca Juga  Kapolda Maluku Janji Telusuri Pelaku Pengibaran Bendera RMS di Pengadilan Tipikor Ambon

”Kenaikan harga gula dan stoknya menipis itu terjadi secara nasional, namun kami sudah menyampaikan kepada distributor untuk segera melakukan pengadaan, sehingga tidak terjadi kelangkaan,” ungkapnya.

Mantan Kadiperindagkop Provinsi Malut ini menambahkan, setiap tiga hari tim dari Disperindagkop akan selalu melakukan pemantauan di sejumlah distributor untuk memastikan ketersedian Sembako dan harga Sembako.

”Jadi kami berharap, distributor maupun agen jangan melakukan penimbunan sembako dan menaikan harga secara sepihak, karena tim akan terus melakukan pemantauan di lapangan,” katanya.

Untuk menjamin agar agen maupun distributor sembako tidak melakukan penimbunan sembako di tengah maraknya wabah Covid-19, maka Disperindagkop akan melayangkan surat ke distributor untuk tidak melakukan penimbunan sembako.

”Jika kedapatan distributor melakukan penimbunan sembako dan menaikan harga, maka ijzin usahanya dicabut,” pungkasnya. (ash)