Dapur Keliling Perhimpunan Kanal Maluku Terus Datangi Pengungsi di Pulau Ambon

oleh -42 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Dapur Keliling (Darling) milik Perhimpunan Kanal Maluku terus berjalan di Pulau Ambon, Maluku. Darling dimaksudkan untuk melayani para pengungsi korban gempa bumi yang mengguncang Ambon dan sekitarnya (26/9/2019) lalu yang diikuti ribuan gempa susulan hingga kini.

Koordinator Dapur Keliling Perhimpunan Kanal Maluku, Cesilvia Hatala mengatakan, Darling sudah melakukan pelayanannya pada sejumlah lokasi pengungsian, seperti di Tengah-Tengah, Wainuru, Ujung Batu, Batu Dua, Liang, Tulehu, Mamala dan Morela.

Ia menjelaskan, saat ini dapur keliling sengaja menyediakan bubur ayam karena sasarannya anak-anak. Sebanyak 2000 lebih porsi bubur ayam sudah salurkan dapur keliling dalam dua pekan terakhir.

“Kemarin dan hari ini kita salurkan di Tulehu. Sasarannya anak-anak pengungsi, kita sediakan bubur kacang ayam dan air mineral,” kata Cesilvia di Sekretariat Perhimpunan Kanal, Pemda III Poka, Ambon, Kamis (24/10/2019) sore.

“Kami sengaja fokus ke dapur keliling karena banyak anak-anak yang hides ditenda pengungsian dengan keadaan apa apa adanya, ” lanjut Cesilvia.

Baca Juga  Kakesdam XVI/Pattimura Kunjungi Denkes 16-04-01 Ternate

Ia menyampaikan, dapur keliling akan beroperasi sampai beberapa waktu ke depan.

“Kita usahakan bisa menjangkau sebanyak mungkin lokasi pengungsian,” tukasnya.

Personel dapur keliling berkoordinasi dengan tim emergency untuk mencari lokasi yang tepat. Sehingga dapur keliling dapat melayani kebutuhan anak-anak pengungsi dengan tepat sasaran.

Ia menegaskan, makanan yang diproduksi dapur keliling terjaga kualitasnya.

Diketahui selain menyalurkan bantuan melalui dapur keliling, Perhimpunan Kanal Maluku sejak hari kedua pasca gempa 26 September 2019 lalu, telah menurunkan tim emergency ke hampir semua titik pengungsian yang terdapat di Pulau Ambon, Haruku dan Kairatu.

Tim emergency selain menyalurkan bantuan tanggap saturated, juga membantu mendirikan tenda-tenda pengungsian, pos hangat, taman ceria Dan sekolah darurat.

Baca Juga  Dijadwalkan Jadi Pembicara di KTT Pemimpin Negara Muslim Dunia, Jokowi Pilih Tak Hadir

Ketua Umum Perhimpunan Kanal Maluku, Muhammad Azis Tunny melalui porostimur.com menyampaikan terima kasih kepada para mitra yang telah bekerjasama dalam membantu para pengungsi.

Azis menyampaikan terima kasih kepada IRboks Indonesia, Yayasan Bina Swadaya Jakarta, Komunitas Jarod Ternate, Dompet Dhuafa, Pecinta Alam Maluku, Mapala UMMU, SARMMI, WPI Cabang Ambon dan lembaga maupun perorangan yang telah bekerjasama membantu para korban.

“Atas nama Perhimpunan Kanal Maluku, kami menyampaikan terima kasih atas budi baik para mitra, baik lembaga maupun perseorangan yang telah membantu para korban dan kepercayaaan yang diberikan kepada kami. Hanya Allah jualah yang mampu membalasnya,” pungkas Azis Tunny. (keket)