DDII Ikut Bantu Pengungsi Korban Gempa di Maluku

oleh -139 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia (DDII) ikut peduli pada korban gempa di Ambon dan beberapa daerah Maluku. Salah satunya adalah di kawasan Liang, Maluku Tengah, yang terkenal karena pantainya merupakan yang terindah di dunia.

Ketua Umum Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia (DDII) Mohammad Siddik datang langsung menyerahkan bantuan itu. “Ini tambahan sedikit dari keluarga saya,” ujar Siddik ketika menyerahkan bantuan Rp10 juta kepada Ustadz Abu Imam Rumbara di Ponpes Al Anshor Liang, Maluku Tengah, Minggu, 13/10/19.

DDII menyerahkan bantuan melalui Pondok Pesantren Al Anshor. Al Anshor Liang adalah cabang pertama dari empat cabang Ponpes Al Anshor yang berpusat di Batu Merah, Kota Ambon, Maluku. Cabang lainnya di Solan dan Bula, keduanya di Seram Bagian Timur, serta di Pulau Buru.

Baca Juga  Puisi-Puisi Rudi Fofid

Ustadz Abu Imam Rumbara menceritakan, 135 santri Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah Al Anshor sedang berada di kelas ketika bumi yang mereka pijak berderak terdampak gempa pada Kamis, 26 September 2019 lalu. Dua gedung sekolah serta beberapa pondok guru pesantren itu rusak berat.

Walhasil, semua guru, santri, dan karyawan Al Anshor, terpaksa menjadi pengungsi di pondok mereka. Sementara ini mereka tinggal di tenda-tenda darurat yang membentang di lapangan pesantren.

Lantas Lembaga Amil Zakat Nasional DDII pun mengirimkan bantuan. ”Bantuan yang sudah kami terima berupa pipanisasi air bersih, logistik dapur umum, dan family kit,” kata Ustadz Abu Imam didampingi da’i Alumni STID M Natsir, Ustadz Daim.

Baca Juga  Nomor Satu di Malut, Ternate Tak Ramah Terhadap Perempuan & Anak

Selanjutnya, Siddik juga membicarakan rencana ke depan agar Al Anshor dapat mandiri secara ekonomi dan sanggup membiayai dakwah yang lebih luas di tingkat lokal. (red)