Demonstrasi Masyarakat Karena Kebuntuan Komunikasi dan Kegagalan Pemerintah Menghadirkan Keadilan dan Kesejahteraan

oleh -36 views
Link Banner

Oleh: Julius R Latumaerissa

Demostrasi rakyat atas berbagai persoalan sosial di Maluku harus disikapi dengan bijak dan elegant oleh pemerintah daerah dan aparat keamanan.

Demostrasi bukanlah sesuatu yang haram tetapi merupakan suatu bentuk dari rasa ketidak puasan, ketidak adilanyang dirasakan masyarakat, karena rakyat merasakan hak-haknya dicurangi dan mereka diperlakukan secara tidak terhormat.

Pemerintah harus memberikan telinga untuk mendengar aspirasinya, membuka mata untuk melihat ketimpangan yang ada, dan membuka hidung untuk mencium bau busuk yang mendera masyarakat di wilayahnya.

Link Banner

Demonstrasi masyarakat semata mata karena pemerintah gagal untuk menghadirkan keadilan dan kesejahteraan bagi rakyat. Karena itu jika terjadi demostrasi damai Beta sangat berharap pemerintah hadir di tengah mereka sebagai seorang bapak yag setia mendengar keluhan hati anaknya, bukan sebaliknya.

Baca Juga  Mendagri Persilakan Gubernur Maluku Ajukan Keberatan Kepada Bu Susi

Beta juga berharap Basudara yg melakukan demostrasi, harus dilakukan dengan damai, etis dan santun, dan jangan dilatarbelakangi dengan muatan politik dari siapapun karena itu semua akan merugikan Basudara sendiri.

Ingat demonstrasi itu akibat terjadi kebuntuan komunikasi antara masyarakat dan pemerintahnya. Karena itu baik masyarakat dan pemerintah harus diciptakan bentuk komunikasi yang dialogis dan komunikatif sehingga persoalan pembangunan bisa dilaksanakan dengan baik secara bersama. (*)