Deteksi Dini Penyakit Jantung dan Cegah Stunting, UI Terjunkan Tim Dokter ke MorotaiDeteksi Dini Penyakit Jantung dan Cegah Stunting,

oleh -41 views

Porostimur.com, Jakarta – Sejumlah dokter dari Departemen Kardiologi dan Kedokteran Vaskular Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia atau UI melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di Kabupaten Morotai Maluku Utara. Mereka akan menyelenggarakan berbagai kegiatan guna meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di sana.

Ketua Pelaksana Pengabdian Masyarakat dan Riset Kardiovaskular Kabupaten Pulau Morotai, dr. Ade Meidian Ambari, SpJP, FIHA mengatakan kegiatan ini merupakan kolaborasi FKUI bersama Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita (RSJPDHK), Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) dan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI–AU). Kegiatan ini juga mendapat dukungan dari Pemerintah Kabupaten Morotai, Perhimpunan Dokter Kardiovaskular Indonesia (PERKI), Yayasan PERKI dan Yayasan Kardiovaskular Indonesia.

Baca Juga  Soal Dugaan Gratifikasi Seks di Pemkab Bogor, Pj. Bupati Beri Tanggapan Mengejutkan

“Harapannya kegiatan ini dapat menumbuhkan kesadaran dan kewaspadaan masyarakat terutama yang berkaitan dengan faktor risiko penyakit kardiovaskular serta deteksi dini penyakit jantung reumatik dan kongenital, sehingga angka kejadian penyakit kardiovaskular dan stunting di Kabupaten Pulau Morotai dapat menurun,” kata Ade dalam laman UI, Sabtu, 22 Juli 2023.