Dewan Guru Besar UGM Gelar Kegiatan Guru Besar Menuju Perbatasan

oleh -30 views

Porostimur.com, Ternate – Dewan Guru Besar Universitas Gadjah Mada (DGB) menyelenggarakan program Professors Go to Frontiers (PGTF) yang berlangsung di Provinsi Maluku Utara selama seminggu dari tanggal 18 hingga 24 Juni 2023.

Kegiatan pengabdian di kota Ternate dan Tidore ini diikuti oleh 11 orang profesor dari berbagai disiplin ilmu dan tiga orang staf peneliti yang memproduksi sebuah film dokumenter. Dalam program tersebut, mereka melakukan sosialisasi dan praktik pengeringan cengkeh untuk menjaga kualitasnya.

Mereka juga membahas pendidikan di daerah dengan Gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba, bersama Wali Kota Ternate, Dr. M. Tauhid Soleman dan Pemerintah Kota Ternate. Dewan membahas gagasan kerjasama terkait Ternate sebagai Kota Rempah dan solusi sampah plastik.

Baca Juga  Perdana Menteri Inggris Keir Starmer Tegaskan Hak Negara Merdeka Palestina

Resepsi makan malam dan diskusi dengan Gubernur Abdul Gani Kasuba diadakan di Royal Resto Ternate, dihadiri oleh para kepala dinas, asisten, penasihat gubernur, dan pejabat Dewan Kagama Daerah Maluku Utara.

Meski cuaca mendung dan gelombang laut ganas, Gubernur menyeberang dari Sofifi di Pulau Halmahera menuju Ternate untuk menemui 11 Guru Besar UGM.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur membagikan buku tentang perjalanan karirnya, dengan fokus pada pentingnya pendidikan dalam mengubah nasib seseorang. Ia menceritakan kisahnya sebagai seorang anak dari pulau terpencil yang berjuang untuk mengakses pendidikan namun akhirnya berhasil menimba ilmu di Madinah dan menjadi guru di Maluku.

No More Posts Available.

No more pages to load.