Di Polres MTB, Kapolda Maluku Tanam Pohon Langka Berharga Mahal

oleh -83 views
Link Banner

Porostimur.com | Tanimbar: Berkunjung ke Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Polres Maluku Tenggara Barat, Provinsi Maluku Kapolda Maluku Irjen Pol Drs Baharuddin Djafar, melakukan penanaman pohon jenis Pohon Torem. Kamis 5 Maret 2020.

Dalam kegiatan tersebut, Kapolda Maluku dampingi Kapolres MTB Akbp Adolof Bormasa dan Wakapolres, ikut dalam penanaman pohon ini Karo SDM dan Dir Krimsus Polda Maluku.

Untuk diketahui penanam pohon ini merupakan program terpusat yg di laksanakan oleh seluruh Polda dan polres jajaran se Indonesia.

Pohon Torem sendiri, salah satu jenis Pohon Langka Berharga Mahal yang Ada di Saumlaki

Sudah bukan hal rahasia lagi, Indonesia memiliki berbagai ragam flora dan fauna yang eksotis. Memiliki kondisi geografis yang terdiri dari berbagai kepulauan tentunya membuat kondisi flora dan fauna di Indonesia berbeda satu dengan lainnya.

Baca Juga  Balai Karantina Ambon turut serta operasi pasar jelang Ramadhan

Di Saumlaki, Ibu Kota Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), terdapat jenis flora endemik khas Saumlaki, yakni pohon torem. Jika masyarakat Indonesia mengenal pohon jati memiliki kualitas yang cukup baik, masyarakat Saumlaki mengenal pohon torem yang kualitasnya tak kalah dengan pohon jati.

Pohon torem memiliki nama latin Manilkara Kanosiensis, adalah jenis pohon yang termasuk ke dalam famili Sapotasea, sub ordo Sapotinae, ordo Ebenales, kelas Simpetalae, kelas Dikotyledon, dan salah satu famili dari suku Sapotales. Ciri-ciri fisik pohon torem memiliki batang lurus dan besar.

Sedangkan ciri-ciri kayu dari pohon torem memiliki struktur keras berwarna cokelat-kuning hingga cokelat-merah, bentuk arah serat lurus agak bergelombang, dan permukaan kayu licin mengkilap. (keket/jefri)