Di Tengah Pandemi Covid-19, Warga Asyik Berwisata ke Pulau Babua dan Pas Tofiri

oleh -221 views
Link Banner

Porsotimur.com |Jailolo: Berwisata adalah salah satu keinginan setiap orang untuk mencari suasana keindahan alam disaat berliburan di berbagai macam tempat seperti pantai, gunung maupun di hutan.

Lebih asyiknya lagi, ketika hari liburan setiap keluarga mengunjungi tempat yang indah dengan suasana alam yang sejuk dan tenang untuk menyenangkan diri, tak terkecuali warga Jailolo Halmahera Barat.

Meski wabah corono masih merebak dan angka penderita terus meningkat, warga Jailolo tetap nekat berwisata bersama keluarga di lokasi wisata Pulau Babua dan Pulau Pas Tofiri yang berlokasi di sekitar Teluk Jailolo.

Amatan Porostimur.com, sejak hari pertama lebaran Idul Fitri hingga kemarin, Ahad (31/5/2020) banyak warga atau pengunjung berdatangan ke kedua pulau tersebut.

Link Banner

Mereke datang ke Desa Tuada untuk menyewa perahu viber guna mengantar mereka ke dua lokasi tersebut.

Baca Juga  BKKBN launching SSK di SMASKris YPKPM Ambon

“Dorang datang minta tong antar ke lokasi kunjungan Pulau Babua dan Pas Tofuri, itu dengan standar harga pulang pergi Rp.400.000, itu dari Desa Tuada ke dua lokasi yang dituju,” ungkap Tous, salah satu motoris pengantar pengunjung.

Pulau Pas Tofiri itu berjarak sekitar 12 km, sedangkan Pulau Babua kurang lebih 5 km dari pantai.

Pulau Pas Tofiri terdapat air laut yang bening, dengan luas pulau keliling kurang lebih 170 meter, disini tertampak banyak terumbu karang dan berbagai jenis ikan hidup. Menjadi indah ketika sorotan matahari yang menembus kedasar laut sehingga beningnya warna air laut yang menggoda.

Sementara Pulau Babua adalah wisata religius. Pulau dengan luas hampir sama seperti Pastofiri itu terdapat makam keramat, atau warga setempat mnyebutnya dengan lokasi jere. Pulau Babua yang ini menunjukan timbulnya karang hitam dengan tinggi belasan meter, diyakini menjadi tempat bersemayam para leluhur sehingga dianggap sebagai kaum aulia.

Baca Juga  Jokowi Ternyata Tak Setuju Pindah Ibukota Waktu Jadi Gubernur Jakarta

Idu salah satu pengunjung berwisata mengatakan bahwa, Pas Tofiri dan pulau Babua yang menjadi pilihan, dikarenakan keindahan yang menyuguhkan, seperti terumbu karang yang indah dan tempat yang sangat sejuk dan indah.

“Lokasi ini sangat menjadi idaman kami, di karenakan memiliki suasana alam begitu sejuk dan tenang, belum lagi lautan nya bersi dan Asri, belum lagi memiliki termbu karang yang begitu memberikan keindahan,” ungkap Idu. (ash)