Dianggap Merampas SDA, dan Tidak Tepati Janji, FP2G Unjuk Rasa di Kantor Camat Gane Timur

oleh -102 views
Link Banner

Porostimur.com | Gane Timur: Front Pemuda Peduli Gane (FP2G), bersama masyarakat transmigrasi, Kecamatan Gane Timur, Kabupaten Halmahera Selatan, pada Senin, (20/10/2019) lalu, menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Camat Kecamatan Gane Timur, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara.

Dalam aksinya, masyarakat menanggih janji Pemerintah Daerah (Pemda Halsel) terkait pemekaran beberapa desa di wilayah tranmingrasi, yakin: SP 1A, SP 1B, SP 3 dan SP 6.

Salah satu peserta aksi, Husen Ilham menyampaikankan beberapa persoalan yang terjadi wilayah transmigrasi, yakni; perampasan sumber daya alam (SDA), ruang hidup oleh Desa Akelamo Fida, dan memaksa wilayah transmigrasi dari SP 6 sampai SP 3 dijadikan anak dusun dari Desa Akelamo Fida tanpa persetujuan masyarakat.

Baca Juga  Gembong pengolah batu cinabar dibekuk Ditreskrimum Polda Maluku

Hal serupa ini juga dibenarkan oleh Afan, warga SP-3, bahwa selama ini secara administratif SP-3 masuk wilayah desa Sumber Makmur, tapi pemerintah memaksa warga untuk ikut atau masuk ke Desa Akelamo Fida.

Ketika itu, aksi yang terus berjalan sampai di depan Kantor Camat Gane Timur, Asrul Lamunu, yang juga sebagai masa aksi sekaligus Sekretaris FP2G, dalam orasinya menyampaikan dengan tegas kepada Pemerintah Kecamatan agar secepatnya membijaki proses pembodohan yang berkepanjangan.

Asrul Lamunu menambahkan, selama ini desa induk (Sumber Makmur) tidak melihat dan memperhatikan proses pemberdayaan dan pembangunan infrastruktur di dusun-dusun sekitar. (dhy)