Diduga Curi Start Kampanye, Panwascam Mangoli Utara Bakal Proses Timses HT-Umar

oleh -26 views
Link Banner

Porostimur.com| Sanana: Salah seorang tim pemenang bakal calon Bupati dan bakal calon wakil Bupati Kepulauan Sula (Kepsul), Maluku Utara Hendrata Thes-Umar Umabaihi (HT-UU), Rusli Amirudin alias Habib diduga melakukan kampanye mendahului penetapan pasangan calon oleh KPUD.

Dugaan kampanye mantan anggota DPRD Sula yang di PAW oleh Partai Nasdem, itu dilakukan pada saat Pembentukan Tim sukses (Timses) HT-UU di Falabisahaya, Kecamatan Mangoli Utara pada Jumat (11/9/2020) Malam.

“Jika saya mau gambarkan, kita berada dalam sebuah kapal besar yakni kapal ibarat HT dan UMAR, dan diberikan kepercayaan terhadap saya untuk menahkodainya untuk bawa,”ujar Habib saat menyampaikan orasi politik dan kampanye di hadapan masyarakat.

Baca Juga  Percepat Sertifikasi Guru PAI, Kemenag Malut Jalin Kerjasama dengan Dikjar

Lanjut Rusli, bahwa kapal yang dinahkodainya itu tidak mungkin pihaknya membawa sendiri tanpa bapak ibu sekalian, tetapi pihaknya membutuhkan bapak dan ibu untuk membawa kapal tersebut menju sebuah pulau kesejahtraan.

Link Banner

“Kalau kita mencari penumpang untuk naik ke kapal itu gampang, maka itu saya sampaikan kapal basar itu sudah siap berlayar, kapal besar itu sudah punya pengalaman besar,” ungkapnya.

Rusli bilang, Hendrata Thes sudah 4 Tahun memimpin Sula, dan masa jabatannya berahir pada 6 Juli 2021. Jadi kata Rusli pengalaman yang dimiliki Hendrata Thes selama 4 tahun lebih menjadi modal yang sangat besar untuk menghimpun kembali Kepulauan Sula lima tahun akan datang.

Ketua Panwascam Mangoli Utara, Darno Drakel mengatakan bahwa Panwascam akan memproses dugaan kampanye mendahului penetapan pasangan calon oleh KPU Sula yang dilakukan Rusli Amirudin alias Habib

“Kami akan berkordinasi dengan Bawaslu Kabupaten Sula, apakah persoalan ini masuk pelanggaran atay tidak, sehingga kami belum bisa ambil keputusan,” kata Darno.

Baca Juga  Polda Maluku Gelar Penandatanganan Pakta Integritas Pendidikan SESPIMTI POLRI & PPRA LXII Lemhanas RI serta PKN Tingkat I LAN RI T.A. 2021

Darno bilang hari ini Senin (14/9/2020) pihaknya mengirim bukti rekaman ke Bawaslu Kepulauan Sula agar Bawaslu Kabupaten yang putuskan salah benarnya. (ifo)