Diduga Gelapkan ADD dan DD, Kades Wai Ina Kembali Didemo

oleh -229 views
Link Banner

Porostimur.com | Sanana: Pengelolaan Dana Desa dan Anggaran Dana Desa (DD -ADD) di Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) yang bersih dan transparan masih jauh dari harapan, seperti di Desa Wai Ina misalnya.

Hal ini yang memicu aksi demonstrasi oleh Himpunan Pelajar Mahasiswa Wai Ina (Hipmawi) Kecamatan Sulabesi Barat, Rabu (4/6/2020).

Karman Umarama kepada porostimur.com, menyampaikan Kades Wai Ina Arifin Umalekhoa diduga kuat menggelapkan ADD dan DD lantaran banyak item kegiatan yang tertuang dalam APBDes tidak dilaksanakan.

Karman melanjutkan, tak hanya dugaan korupsi Arifin juga dinilai tidak beretika dalam menjalankan tugas sebagai pimpinan di Desa, lantaran sering membentak warga yang datang meminta dibuatkan surat keterangan. Sedikitnya ada empat warga yang mengadu perihal itu padanya.

Link Banner

Tak hanya menyoroti ADD dan DD,Hipmawi juga menolak penunjukan PJ kades Wai ina yang merupakan aparat desa dari kalangan PNs..Hipmawi menilai suatu pemerintahan di anggap gagal akibat dari ketidak mampuan menejamen dalam mengelola Pemerintahan desa,Koar Samsul Bahri Fokatea,

Baca Juga  Hasil La Liga: Real Madrid Hajar Levante 2:0

Samsul melanjutkan bila Bupati mengangkat Salah satu aparat desa wai ina sebagai Pj kades maka Bupati mengindahkan perilaku korupsi merajalela di Kepsul.

Samsul melanjutkan sebelum memberikan Surat Keputusan (SK) maka alangkah baiknya melakukan uji kelayakan dalam menempatkan PJ kades di Desa Wai Ina dan harus diambil dari anak kampung asli di Desa wai ina.

“Bila bupati mendatangkan orang lain yang bukan putra Desa Wai Ina maka bupati harus bertanggung jawab bila nantinya terjadi hal hal yang tak diinginkan”, ancamnya. (ifo)