Diduga Korupsi Dana Desa, Kades Buruakol & Ketua BPD Dipolisikan

oleh -658 views
Link Banner

Porostimur. com | Sanana: Sebanyak tiga belas warga Desa Buruakol, Kecamatan Mangole Tengah, Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul), siang tadi terlihat memasuki Ruang Sentral Pelayanan Terpadu (SPKT) Polres Kepulauan Sula (Kepsul) untuk melaporkan Kepala Desa Mauludin Fataruba dan Ketua BPD Amman Soamole, Sabtu (2/5/2020)

Keduanya dilaporkan lantaran diduga bersekongkol menggelapkan Dana Desa Buruakol.

Salah satu warga Biruakol, Sidin Soamole pada awak media menyampaikan bahwa Dana Desa tahun anggaran 2018 yang di alokasikan pada sektor perikanan dengan kegiatan pembuatan satu buah rumpon bernilai Rp.115.000.000 tidak sesuai dengan bukti fisiknya.

Tak hanya rumpon, warga juga mempertanyakan sejumlah item kegiatan yang disepakati dalam Musyawarah Desa (Musdes) namun tidak pernah di laksanakan hingga kini.terang Sidin.

Selain itu menurut Sidin, kegiatan pembangunan Pamsimas yang di bangun dari tahun 2018 hingga saat ini tidak dapat dinikmati oleh warga Desa Buruakol.

Baca Juga  Ribuan Warga Ternate Deklarasikan Dukungan Sultan Baabullah Sebagai Pahlawan Nasional

“Bak penampung air serta pipa masih berserakan di halaman rumah Ketua BPD, Amman Soamole selaku bendahara Pamsimas.

Tokoh pemuda Desa Bruakol Ikram Fataruba, kepada media ini menyampaikan, kedatangan mereka di polres Kepulaun Sula untuk berkordinasi dengan pihak Kepolisian terkait dengan penyelenggraan dan pembangunan Desa Buruakol .

Ikram melanjutkan, bila hasil konsultasi itu membenarkan bahwa kades dan Ketua BPD menyalahgunakan anggaran desa maka dirinya akan membuat Laporan Polisi (LP) untuk diproses sesuai ketentuan Perundang-undangan yang berlaku. (ifo)