Diduga Lakukan Korupsi, PC PMII Halsel Desak Polres Tangkap Plt Kades Gumira

oleh -288 views
Link Banner

Porostimur.com | Labuha: Seyogyanya Undang-Undang No. 6 Tahun 2014 Tentang Desa merupakan kebijakan penting dan fundamental dalam tata kelola pemerintahan desa dengan sabaik – baiknya. Amanah dari undang-undang itu sebagaimana diatur dalam Pasal 72 Ayat 2 pendapatan desa, maka pemerintah pusat berkewajiban mengalokasi Dana Desa dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Pada Pasal 67 juga mejelaskan undang-undang desa secara substansial menyebutkan bahwa desa berhak mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat, menetapkan dan mengelola kelembagaan desa dengan sabaik mungkin.

Melalui keterangan yang diterima porostimur.com, Kamis (26/8/2021), M. Afandi Asri (Ketua Terpilih) PMII Halmahera Selatan membeberkan bahwa mantan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Desa Gumira Kecamatan Gane Barat Utara Kabupaten Halmahera Selatan, Farid A. Samud, diduga telah merugikan keuangan negara ratusan juta rupiah melalui anggran dana desa.

Baca Juga  Hadiri Rapat Kerja Dengan DPRD Maluku, Sekprov Bilang Vaksinasi Mulai 15 Januari

“Sesuai dengan data yang diterima, maka Farid A. Samud Plt Kepala Desa Gumira dilaporkan ke Polres Halsel oleh warga Desa Gumira”, tukas M. Afandi

Berdasarkan surat tanda penerimaan laporan nomor STPL/198/VIII/2021/SPKT, Farid A. Samud terkait dengan dugaan tindak pidana penyalahgunaan dana desa tahap pertama tahun 2021 yang dilakukan pemerintah desa Gumira dan diketahui saat itu Farid menjabat sebagai Plt. Kepala Desa.

Selain itu, laporan warga ke Polres Halsel tertanggal 4 Agustus 2021 pasalnya, dugaan tindak pindana korupsi yang dilakukan Farid A. Samud, senilai Rp. 428. 422. 686 (Empat ratus dua puluh delapan juta empat ratus dua puluh dua ribu enam ratus delapan puluh enam rupiah) pada bulan Januari 2021 lalu.

Baca Juga  Buzzer Rusak Demokrasi, Iwan Fals ‘Tampar’ Lewat Lagu

Menurut M. Afandi, laporan ini ajukan oleh Sardi Anwar salah satu warga Desa Gumira namun belum kejelasan dari pihak penyidik Polres Halsel.

Menaggapi hal itu, selaku ketua umum terpilih PC PMII Halmahera Selatan M. Afandi Asri menegaskan akan mengawal kasus ini sampai tuntas, serta mendesak kepada Polres Halsel agar usut tuntas penyalagunaan Anggaran Dana Desa (ADD) oleh mantan Plt Kades Gumira Farid A. Samud.

Hingga berita ini dipublis, Plt Kepala Desa Gumira Farid A. Jamud belum dapat dihubungi. (adhy)

No More Posts Available.

No more pages to load.