oleh

Diduga Suspect Corona, Satu Warga Halbar Dirujuk ke RSUD Ternate

Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Satu warga yang diduga suspect Corona atau Covid-19 asal Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Chasan Boesoery Ternate, Kamis (19/3/2020).

Pasien tersebut dirujuk dari Jailolo menggunakan Speed Boat yang sandar di Pelabuhan Residen Ternate dengan peralatan lengkap dan baju pelindung virus corona yang dipakai petugas medis,

Sekretaris Satgas Corona Provinsi Maluku Utara (Malut), dr. Rosita Alkatiri kepada media pers mengatakan, rujukan pasien lengkap dengan baju pelindung yang digunakan petugas ini membuat warga masyarakat panik karena belum pernah terjadi sebelumnya.

Menurut dr. Rosita Alkatiri pada intinya rujukan pasien yang dilakukan tesebut sudah sesuai dengan standart operasional prosedur (SOP) yang berlaku dimana yang mengantar akan dikarentina selama 14 hari.

Baca Juga  Fince Hongarta Nakhodai GOW Kepulauan Sula

“Kami menghimbau kepada masyarakat untuk jangan panik, jangan kaget karena ini memang sudah seharusnya seperti itu yang masyarakat lihat,” akunya.

Menurutnya pasien ini merupakan pasien rujukan dari RSUD Jailolo dan dirujuk ke RSUD Hasan Boesoeri Ternate sebagai rumah sakit rujukan tingkat provinsi.

“Satatus pasien masih dalam observasi, atau orang dalam pengawasan (ODP) dan apabila diobservasi ada indikasi untuk kita lakukan pemeriksaan laboratorium lebih lanjut akan segera dilakukan, yang jelas semuanya akan kami lakukan sesuai protap,” katanya.

Disentil terkait dengan kondisi pasien sebelum dirujuk ke RSUD Ternate kata dr. Rosita Alkatiri sesuai laporan yang diterima tadi, pasien ini mempunyai riwayat perjalanan dari daerah yang terjangkit dan sekarang dalam kondisi demam juga diare.

Baca Juga  Satu PDP di Kepulauan Sula Dinyatakan Negatif Covid-19

“Ini nanti kita lihat observasi selanjutnya seperti apa,” tuturnya.

Rosita menghimbau masyarkat di Kota Ternate dan Malut termasuk pers agar bersama-sama mendukung dan memberikan suport kepada tim yang bekerja mempertaruhkan nayawa dalam penanganan Covid-19.

“Teman-teman yang terintegrasi tadi bersatu mulai dari KKP, Polda dan TNI termasuk Dinkes sampai RS juga dilibatkan semua untuk melakukan penanganan, makanya kami harap masyarakat juga mendukung mereka dan sekaligus mendoakan semoga Malut bisa terhindar dari corona,” pungkasnya. (red/rtm/kbrn)

Link Banner

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed