Diduga Tak Sesuai Bestek, Gedung Perpustakaan IAIN Ambon Terancam Runtuh

oleh -129 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Gedung Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon, terancam runtuh, menyusul terjadinya pergeseran muka tanah seminggu terakhir.

Sejak pertama kali terjadi keretakan pada bangunan berlantai tiga tersebut Jumat pekan lalu, kondisi bangunan mini kian parah dan hampir roboh.

Seluruh sisi bangunan kini rusak parah. sementara tanah di sekitar bangunan amblas sekira dua meter. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, aparat kepolisian sejak tadi siang, Jumat (7/6) memasang garis polisi di sekeliling bangunan.

Salah satu sumber internal yang namanya enggan diberitakan, kepada @porostimur.com mengatakan, keretakan dan pergeseran terjadi akibat gedung tersebut dibangun diatas tanah timbunan. Sementara fondasinya tidak menggunakan cakar ayam ataupun pasak bumi.

Baca Juga  Atalanta Terus Mengejutkan di Liga Champions, Menang 4-1 Atas Valencia

“Iya dulu tanah timbunan, makanya ketika hujan tanah tersebut tidak stabil dan mengalami pergeseran. Bangunannya juga tidak sesuai bestek”, ungkap sumber tersebut ketika ditemui media ini dikediamannya.

Sementara itu, Rektor IAIN Ambon, DR. Hasbullah Tuisutta, kepada sejumlah awak media mengatakan, selain Perpustakaan, ada dua bangunan lain yang juga mengalami kerusakan cukup parah.

Kedua bangunan itu adalag Laboratorium MIPA dan Auditorium.

Menurut Hasbullah, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak guna mengantispasi kerusakan lebih jauh.

“Tadi kita sudah rapat dengan pemerintah daerah dan pihak terkait guna mencari solusi lebih jauh. Rapatnya di fasilitasi pak Kapolda Maluku”, ujar Hasbullah. (keket)