Diduga Tidak Efektif Bekerja, Kades Sidangoli Dehe Didemo Warganya

oleh -245 views
Link Banner

Porostimur.com|Jailolo: Sejumlah warga yang menamakan dirinya Aliansi Peduli Rakyat (APR) melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor Desa Sidangoli Dehe, Kecamatan Jailolo Selatan, Kabupaten Halmahera Barat, Rabu (3/6/2020).

Warga yang tidak puas dengan kinerja Pemdes mendatangi kantor desa dengan menggunakan mobil komando dan melakukan orasi serta membakar ban bekas sebagai wujud kekecewaan mereka terhadap kepala desa yang dianggap tertutup dan tidak efektif bekerja melayani masyarakat. 

Kodinator lapangan aksi Ilyas Dani menyampaikan bahwa, aksi ini dilakukan karena keresahan warga atas kinerja Pemdes yang dipimpin Kepala Desa Andre Hi Gani yang tidak efektif. 

Ilyas dan kawan-kawan mempersoalkan tidak adanya keterbukaan terkait data penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD).

“Karena sampai saat ini, transparansi terkait data BLT-DD itu tidak dilakukan oleh pemerintah desa ke warga, sehingga sampai saat ini BLT belum terealisasi,” jelasnya.

Baca Juga  Pelaku Usaha Antusias dengan Expo UKM-IKM Maluku Utara

Ilyas bilang, sesuai pengakuan Kades Dehe Andre Hi. Gani bahwa ini penyebab dari keterlambatan data. Pengakuan Kades ini disampaikan dalam hasil hearing setelah aksi oleh APR Sidangoli tadi. 

“Kades bilang data yang terlambat maso, sehingga menjadi kendala dalam hal administrasi,” ujar Ilyas.

“Kami (APR) menilai, berarti selama ini Pemdes Dehe  tidak bekerja dalam menjalankan tugas mereka di tengah merebaknya wabah Covid-19,” cetusnya.

Ilyas melanjutakna bahwa, adapun dua Posko Covid-19 di Desa Dehe sampai sat ini tidak diaktifkan oleh Pemdes, padahal di tengah wabah Covid-19, semua desa diharuskan membentuk Tim Covid-19 dan dananya dianggarkan melalui DD.

“Sampai sat ini ada 2 Posko Covid-19 desa yang dibangun oleh Pemdes, namun tidak difungsikan. Ini menunjukan kelemahan Pemdes Dehe yang tidak serius dalam perangi melawan Covid-19,” pungkasnya.

Baca Juga  Liverpool Kalah, Jurgen Klopp dan Pemainnya Malah Bertengkar

Kades Sidangoli Dehe, Andre Haji Gani saat dikonfirmasi wartawan Porostimur.com lewat via telepon, belum merespon hingga berita ini ditayangkan. (ash)