Diduga Tidak Transparan Soal DD, Puluhan Mahasiswa Pulau Makian Gelar Aksi

oleh -368 views
Link Banner

Porostimur.com | Halsel: Diduga tidak transparansi terkait Dana Desa, puluhan mahasiswa yang tergabung dalam ‘Aliansi Mahasiswa Waikyon Bersatu’ melakukan demonstrasi di depan kantor Kecamatan Pulau Makian.

Aksi yang di gelar, Selasa (9/6/2020), oleh puluhan mahasiswa ini dengan membawa dua spanduk bertulisan ” Tuntaskan Masalah Desa Gorub” dan “Penanganan Covid-19 Dalam Pembagian BLT-DD tidak pada sasaran”.

Aksi tersebut masa aksi meminta kepada Camat Pulau Makian untuk mempertanyakan pengelolaan DD oleh seluruh Pemdes di Kecamatan Pulau Makian, dengan pembagian BLT-DD, khususnya di Desa Gorub.

Mahasiswa menduga bahwa kebanyakan kades-kades di Kecamatan Pulau Makian dalam pengelolaan DD tidak efektif atau tidak ada transparan ke warga masyarakat, sehingga berdampak ke penyaluran BLT-DD .

“Kami meminta kepada camat untuk mediasi seluruh kepala desa di pulau makian membicarakan soal DD yang dimana sampai saat ini tidak ada transparansi oleh Kades,” ungkap Korlap Hermin Koda.

Baca Juga  Media Prancis Take Down Berita Reportase Kondisi Perang Karabakh

Kurangnya tranparansi kata Hermin, sehingga penyaluran BLT-DD oleh Pemdes tidak sesuai imbauan Menteri Desa maupun Mendagri, akhirnya BLT-DD tidak tersentuh pada sasaran.

“Dari verifikasi nama-nama penerima BLT-DD juga terkesan tertutup oleh pemdes, padahal imbauan Mendes PDTT dan Mendagri itu jelas, bahwa semua harus dilakukan sesuai Prosedur.”

“Namun kita lihat situasi di lapangan yang dilakukan pemdes itu tidak sesuai dengan prosedur, Contohnya seperti di desa Gorub, karena pembagian BLT-DD tidak tepat sasaran kepada warga yang menerima, dan terkesan Kades tertutup,” jelas Hermin.

Lanjut Hermin, aksi tersebut mendapat respon baik dari Camat Pulau Makian Drs. Ahmad Abas. Camat akan melakukan tindak lanjut kepada pihak inspektorat Pemda Halsel untuk melakukan audit Pengelolaan DD di setiap desaa yang ada di kecamatan Pulau makian.

Baca Juga  Kolonel Nartomo

” Pak camat suda menandatangani surat pernyaatan sikap di hadapan masa aksi, untuk meminta Dinas inspektorat Halsel turun ke pulau makian melakukan pemeriksaan kepada seluruh pemdes di pulau makian dalam pengelolaan DD,” pungkas Hermin. (adhy)