Dinas Kominfo Maluku Gelar Forum OPD

oleh -102 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Maluku menyelenggarakan Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) , di Aula Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika, Kamis (27/2/2020). Rakor tersebut dihadiri oleh 60 peserta di semua kabupaten/kota se Maluku.

Forum OPD di buka langsung oleh Sekertaris Daerah Maluku, Kasrul Selang.

Dalam Sambutan Gubernur Maluku yang dibacakan oleh Sekertaris Daerah Maluku, Kasrul Selang, Gubernur menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi kepada peserta forum OPD atas kesediaannya hadir dalam kegiatan ini.

Dirinya menjelaskan forum OPD Dinas Komunikasi dan Informatika dilaksanakan dengan tujuan untuk mensinkronisasikan program kegiatan antara provinsi dan kabupaten kota untuk tahun 2021. Penyusunan rancangan kerja yang dibuat harus mengacu pada undang-undang dan regulasi, apakah yang di pusat tersampaikan ke daerah melalui forum ini.

“Saya mengharapkan agar dapat menghasilkan pokok-pokok pikiran yang dapat dijadikan dasar bagi penerapan sistem pembangunan berbasis elektronik di Provinsi Maluku, dengan baik sehingga dapat mendukung proses penentuan dan arah kebijakan pemerintah,” harapnya.

Baca Juga  Ini 8 Pemain Muda yang Diprediksi Bersinar & Curi Perhatian di Euro 2020

Dirinya mengatakan diperlukan dukungan teknologi informasi dan komunikasi bagi pemerintah daerah guna menunjang kelancaran setiap kegiatan organisasi dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik yang lebih baik.

Menurut Perpres nomor 95 tahun 2018 tentang pemerintahan berbasis elektronik mengamanatkan dengan jelas tentang upaya pemerintah dalam menerapkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi di sektor pemerintah.

“Oleh karena itu di dalam pengembangannya penyelenggaraan pemerintahan berbasis elektronik ini harus dilaksanakan secara efisien efektif dan transparan, dengan mengoptimalkan jejaring komunikasi koordinasi dan kolaborasi lintas instansi termasuk dengan elemen masyarakat,” ungkapnya.

Dirinya menambahkan hal inilah yang menjadi peran inti dalam penyerangan penyelenggaraan forum opd ini sebagai bentuk penyampaian program dan kegiatan dalam membangun sistem informasi dan komunikasi guna menunjang kesejahteraan masyarakat kita.

Baca Juga  Bupati Morotai Buka Kegiatan Diklat Kompetensi Hospitality dan Parawisata

Gubernur berharap agar yang membidangi komunikasi dan Informatika sebagai salah satu unsur perangkat pemerintah terus berupaya untuk memfungsikan dirinya sebagai fasilitator dan mediator serta koordinator fungsi-fungsi komunikasi dan informasi tersebut. (ebot)