DKP Kota Ambon Gelar Sosialisasi Pas Kapal dan Retribusi Pelelangan Ikan

oleh -29 views

Porostimur.com, Ambon – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Ambon, menyelenggarakan Sosialisasi Penerapan Pas Kapal, Tanda Daftar Kapal Perikanan dan Proses Pelelangan Ikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI), Senin (27/5/2024).

Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon Agus Ririmasse saat membuka kegiatan, di Hotel Grand Avira, Batu Merah, mengatakan, sosialisasi tersebut merupakan bentuk kepedulian Pemerintah untuk memberikan perlindungan dan kepastian hukum kepada nelayan dalam melaksanakan aktvitas penangkapan ikan di laut.

“Sebagaimana diketahui, Pas Kecil merupakan salah satu dokumen penting, dalam bentuk sertifikat yang diperuntukan bagi kapal dengan tonase kotor kurang dari  GT 7 dan dapat digunakan sebagai tanda kepemilikan, sedangkan Tanda Daftar Kapal Perikanan (TDKP) untuk nelayan kecil yang merupakan bukti tertulis yang menyatakan bahwa kapal penangkap ikan tersebut dimiliki oleh Nelayan Kecil. dengan demikian kapal perikanan yang kita gunakan sah dan diakui oleh negara,” ungkap Ririmasse.

Baca Juga  Jelang Reforma Agraria Summit 2024, Menteri AHY: Kita Dorong Tanah Masyarakat yang Disertipikatkan Bisa Makin Produktif

Menurutnya, pada kegiatan tersebut juga disosialisasikan proses pelelangan ikan, Sesuai Peraturan Daerah (Perda) Kota Ambon Nomor 1 Tahun 2024 Tentang  Pajak dan Retribusi Daerah.

“Didalamnya ada kewajiban retribusi jasa pelelangan ikan dan sarana prasarana pendukung yang harus dipenuhi oleh setiap pelaku pelelangan ikan di kota ini,” imbuhnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.