Dinihari Tiga Gempa Beruntun Goyang Maluku Tengah

oleh -104 views
Link Banner

Poroatimur.com | Ambon: Tiga gempa tektonik menggoyang Kabupaten Maluku Tengah secara beruntun, Sabtu dinihari 4 September 2021. Gempa Kabupaten Maluku Tengah ini berkekuatan antara 3,0 hingga 3,5 Magnitudo namun memiliki sumber yang tergolong dangkal.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa pertama terjadi Pukul 00.26 WIT dengan magnitudo 3,0. Sumbernya diketahui terletak pada koordinat 2,78 LS – 129,63 BT. “Berada pada jarak 16 kilometer Timur Wahai dan 34 km Baratlaut Kobisonta, Malteng dengan kedalaman 10 kilometer,” tertulis BMKG Maluku di akun Twitter resminya.

Gempa kedua terekam pada pukul 02:11:02 WIT dengan magnitudo 3,1 terletak pada koordinat 2,71 LS – 118,83 BT. Sumber gempa berada pada jarak 46 kilometer Baratlaut Sawai 65 km Utara Elpaputiha, Maluku Tengah dengan kedalaman lebih dangkal, yakni 10 kilometer.

Baca Juga  Partai Gelora akan Canangkan Gerakan Gen 170 pada Peringatan Hari Ibu

Gempa ketiga terekam sebagai yang terkuat, yakni 3,6 Magnitudo. Gempa ini terjadi pada pukul 02:28:w0 WIT dan terdeteksi bersumber dari kedalaman 10 kilometer, pada jarak 2 kilometer Baratlaut Elpaputih dan 22 km Barat Masohi, Maluku Tengah. Atau tepatnya koordinat 3,28 LS – 1w8,73 BT. 

“Ditinjau dari lokasi episentrum dan kedalaman hiposentrumnya tampak bahwa gempa bumi yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal wilayah setempat.

Baca Juga  BMKG: Waspada Gelombang Sangat Tinggi hingga 6 Meter di Kepulauan Natuna dan Papua

Dampak gempa Kabupaten Maluku Tengah yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, rangkaian gempa tersebut dirasakan dengan Skala Intensitas II – III MMI. Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan.

BMKG meminta masyarakat tetap tenang. (red)

No More Posts Available.

No more pages to load.