Dinkes Halbar Prioritaskan Anggaran DTT untuk Penanganan Covid-19

oleh -223 views
Link Banner

Porostimur.com | Jailolo: Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) memprioritaskan penggunaan anggaran  Dana Tak Terduga (DTT) yang bersumber dari APBD untuk penananganan pelayanan dan pencegahan Covid-19.

Anggarkan DTT tersebut diprioritaskan untuk pelayanan rujukan, pengawasan, promosi kesehatan, pencegahan, penanganan dan pemantauan serta pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) dalam penanganan Covid-19.

“Kami fokus  pada pelayanan  dan prioritaskan ke APD, sekalipun APD yang kami pesan sampai sekarang belum lengkap karena adanya kelangkaan APD di pasaran,” unjar Kadis Kesehatan Halbar, Rosfintje Kalengit, Jumat, (3/4/2020).

Kalengit bilang, selain APD, hal lain yang diprioritaskan dalam pencegahan Covid-19 adalah peryntukan untuk masing-masing kecamatan yang ada di Kabupaten Halbar.

“Seperti sarana penyediaan CTPS,  pembelian disinfektan dan alat praga lainnya yang ditempatkan di 9 kecamatan yang ada di Halbar,” tuturnya.

Baca Juga  Sambut HUT RI ke 75, SMA Xaverius Ambon Gelar Porseni Secara Daring

Kata Rosfntje, Dinkes Halbar selalu memprioritaskan keselamatan pasien dan  warga masyarakat dalam pencegahan Covid-19, walaupun serba kekurangan dengan APD.

“Keselamatan warga sangat penting, sekalipun dalam keterbatasan, dan  kekurangan, tapi kami tetap bekerja dalam menangani,” cetusnya.

Kadinkes Halbar menyampaikan bahwa, setiap Puskesmas sudah melakukan penyuluhan di tempat umum, di komunitas tertentu seperti di gereja dan masjid.

Selain itu, juga telah dilakukan  penyemprotan disinfektan oleh tim satgus di setiap kecamatan. 

“Tim Satgus telah melakukan penyemprotan disinfektan di area umum, kantor dan tempat-tempat ibadah  di masing-masing kecamatan,” cetusnya.

Kalengit menambahkan, pihaknya tetap melayani pasien jika terinveksi Covid-19, sebesar apapun itu dampaknya.

“Kami tetap bekerja dan melayani tanpa memikirkan keselamatan kami” pungkasnya. (ash)