Dino Umahuk dan Ongkie Anakoda Dapat Mandat Bentuk Pengurus JMSI Maluku

oleh -52 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Setelah resmi didirikan saat pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN) 2020, kini pembentukan pengurus Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) dimandatkan kepada Dino Umahuk dan Ongkie Anakoda untuk membentuk JMSI di Maluku.

Mandat tersebut tertuang dalam surat nomor 03/Mandat/PP-JMS/X/2020 yang ditandatangani Ketua Umum Teguh Santoso dan Mahmud Marhaba selaku Sekretaris Jenderal.

Nantinya, Dino dan Ongkie akan mendapat tugas mendata media siber dan mengisi formulir calon anggota JMSI minimal 10 perusahaan pers. Kemudian memasukkan kelengkapan berkas berupa Akta Pendirian Perusahaan Pers dan AHU dari Kemenkumham RI, serta sertifikasi verifikasi perusahaan pers.

Ketua Umum JMSI, Teguh Santoso mengatakan, pada praktiknya media massa berbasis internet tidak hanya bersaing dengan sesama media online, melainkan juga dengan penyedia konten individual.

“Tidak selamanya media dalam bentuk perusahaan seperti yang kita kerjakan,” ujar Teguh, Rabu (7/10/2020).

Baca Juga  Galakkan Program Penanaman 26 Ribu Pohon Pala, Pemkab Buton Belajar ke Banda

“Everybody can be a journalist. Itulah sebabnya muncul persoalan seperti hoax, atau banyak information disorder, istilah yang disampaikan Pak Presiden tadi,” sambungnya.

Teguh menambahkan, JMSI dibutuhkan agar perusahaan pers media siber yang tumbuh subur di Indonesia dapat menghasilkan karya jurnalistik yang bermutu dan bermanfaat.

“Anggota JMSI harus terus menerus mengingatkan wartawannya untuk menghormati kaidah dan etika jurnalistik,” jelas.

Teguh Santosa menjelaskan, JMSI didirikan untuk membantu terciptanya ekosistem pers yang sehat di tanah air.

“Ada sekitar 43 ribu media massa berbasis internet, dan jumlahnya mungkin akan terus bertambah,” jelas Teguh.

“JMSI menjadi wadah bagi perusahaan-perusahaan media online dalam menjalankan kegiatan usaha dan juga dalam melindungi karyawan dan wartawan dari berbagai potensi persoalan hukum yang ada,” imbuhnya.

Baca Juga  Tinjau Vaksinasi, Kapolda Maluku Minta Masyarakat Tetap Jaga Prokes

Sementara itu, Sekretaris Jenderal JMSI, Mahmud Marhaba mengatakan JMSI merupakan organisasi yang penting untuk menciptakan iklim pers yang sehat di tengah masyarakat.

Dengan kata lain, perusahaan yang menaungi meja redaksi selaku penghasil produk-produk jurnalistik dituntut untuk bertanggungjawab atas produk informasi yang mereka hasilkan.

“Ketika perusahaan sudah memahami tanggungjawab ini dan aturan-aturan dalam dunia jurnalistik, maka Insya Allah kita berharap iklim pers di Maluku semakin sehat,” ungkapnya. (red)