Diplomat Senior Amerika Kunjungi Samoa, Ketegangan AS-China Berlanjut ke Pasifik Selatan?  

oleh -6 views
Link Banner

Porostimur.cpm, Wellington – Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Wendy Sherman hari ini, Jumat (5/8/2022) dilaporkan akan mengunjungi Samoa, sebuah negara kepulauan yang berada di Pasifik Selatan.

Kunjungan ini terjadi saat Washington berupaya melibatkan kembali kawasan Pasifik Selatan di tengah meningkatnya pengaruh China di kawasan itu.

Wendy Sherman akan bertemu dengan pemimpin Samoa untuk membahas perubahan iklim, keamanan laut dan peluang kerja sama antara AS dan Samoa.

Wendy Sherman mengatakan perjalanannya ke Samoa, yang merupakan bagian dari tur kunjungannya ke negara-negara Pasifik, untuk mendengarkan dan belajar dari cerita serta pengalaman orang-orang yang dia temui di negara tersebut.

“Kedua negara kami berbagi komitmen terhadap nilai-nilai demokrasi yang penting, termasuk penghormatan terhadap hak asasi manusia, komitmen untuk melindungi kebebasan berekspresi, dan kebebasan beragama atau berkeyakinan dan keyakinan yang kuat akan pentingnya pers yang bebas dan terbuka. Aku menantikan persahabatan kita yang berkelanjutan,” ujar Sherman dalam konferensi persnya ke media, seperti dikutip dari Reuters.

Baca Juga  5 Gaya Pashmina Crinkle, Hijab Anti Kusut dan Kekinian yang Cocok untuk Anak Muda

Sherman adalah satu dari sejumlah diplomat senior yang mengunjungi Samoa tahun ini. Pada bulan Mei lalu, Menteri Luar Negeri China Wang Yi juga mengunjungi negara berpenduduk 200.000 jiwa ini, disusul Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong pada awal Juni lalu.

Kunjungan-kunjungan ini terjadi seiring meningkatnya persaingan geostrategis di kawasan itu.

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern juga melakukan perjalanan ke Samoa pada awal pekan ini.

Wendy Sherman mengonfirmasi para pemimpin di kawasan Pasifik Selatan telah diundang untuk bertemu dengan Presiden AS Joe Biden di Gedung Putih pada bulan September mendatang.

Perdana Menteri Samoa Fiame Naomi Mata’afa menyatakan apresiasinya atas perubahan sikap AS terkait perubahan iklim dan keterlibatannya dalam tata kelola laut. Mata’afa mengatakan Samoa menyambut baik peluang kerja sama dengan AS.

Baca Juga  Ombak Besar Hantam Manado, Pusat Perbelanjaan Tergenang Air Laut

Tur kunjungan Sherman ke negara-negara Pasifik juga mencakup kunjungan ke Kepulauan Solomon, Australia dan Selandia Baru. Sherman dan Duta Besar AS untuk Australia Carolin Kennedy akan melakukan perjalanan ke Kepulauan Solomon pada akhir pekan ini untuk menandai peringatan 80 tahun Pertempuran Guadalcanal, yang terjadi selama Perang Dunia II di pulau terbesar di Kepulauan Solomon. 

(red/tribunnews)