Dirikan Pos, Relawan Laznas LMI Bantu Ungsikan Warga

oleh -18 views
Link Banner

Porostimur.com | Majene: Gempa bumi tektonik kembali mengguncang wilayah Majene dan Mamuju di Provinsi Sulawesi Barat pada pukul 12.11 WITA, Senin (18/1/2021).

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan hingga siang hari ini pukul 12.30 WIB sebagai hari ke-lima berturut-turut rangkaian gempa terjadi di wilayah ini, dan tercatat merupakan gempa ke-39.

Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Daryono mengatakan gempa yang baru saja terjadi memiliki magnitudo M 4.2.

Mengantisipasi gempa susulan, para warga dibantu relawan Lembaga Amil Zakat nasional Lembaga Manajemen Infaq (Laznas LMI), memindakan barang berhaganya untuk diungsikan di tempat yang jauh dari lokasi gempa.

“Saat ini kami sedang memindakan barang warga agar aman dan masih bisa digunakan dikemudian hari,” ujar Fadli Ahmad Asykirin selaku supervisor Kerelawanan dan Kebencanaan Laznas LMI saat dilokasi gempa, di desa Mekkatta, Sulawesi Barat, Selasa (19/1/2021).

Baca Juga  Diduga Korupsi, Garda NKRI Maluku Lapor Bupati SBB Ke Polda

“Barang-barang itu kami pindakan di pos Laznas LMI yang kami buat kemarin, pos itu kami gunakan sepenuhnya untuk membantu warga,” tambahnya.

Selain itu, menurut fadli, sapaan akrabnya, pemindahan itu juga berfungsi agar barang yang ditinggalkan dari rumah yang terdampak bencana itu tidak dicuri orang lain.

“Seperti pengalaman, rumah yang ditinggalkan pengungsinya itu barang-barangnya dicuri orang lain. Kami tidak ingin hal itu, makanya barang-barang itu kami pindakan di pos Laznas LMI dan kami jaga agar aman,” pungkasnya. (adhy)