Dirjen Kebudayaan Resmikan Monumen Pahlawan di Tugu Pattimura

oleh -26 views
Link Banner

Porostimur.com-Ambon: Penyerahan Executive Summary Kajian, Pelestarian Benteng Neiuw Victoria dan Peresmian Monumen Pahlawan, lewat Pemerintah Kota Ambon yang dihadirkan langsung Direktur Jenderal (Dirjen) Kebudayaan.

Direktur Jenderal Kebudayaan, Hilmar Farid mengatakan, benteng Victoria sebagai cagar budaya peringkat nasional karena sebetulnya sudah ditetapkan lebih dulu, tapi karena baru sekarang ada kesempatan jumpa langsung dengan baik secara fisik, jadi kita lakukan pada hari ini.

“Dan ini tentu adalah satu peristiwa yang sangat signifikan gitu ya karena penetapan sebagai cagar budaya tingkat nasional diartikan besar sekali,” terang Farid.

Farid menjelaskan, bagi pelestarian cagar budaya khususnya di Kota Ambon itu acara pertama, acara kedua tadi kita saksikan sama-sama kita membuka nama-nama dari 30 pahlawan dan juga monumen Pattimura yang dibuat oleh pemerintah kota Ambon.

“Dan sekira ini juga pasti kontribusinya penting sekali khususnya untuk anak-anak yang mungkin sekarang kesulitan untuk cari informasi mengenai sejarah siapa pahlawannya semuanya,” jelasnya.

Baca Juga  Selamat Jalan Legenda Tinju Amatir Indonesia, Albert Papilaya

Farid bilang, sekarang dihadirkan dalam persatuan yang menjadi tugas kita semua. Untuk meneruskan informasi ini kepada anak-anak sehingga nanti bisa bukan hanya belajar menghafal namanya tetapi juga tahu apa yang dilakukan oleh para pejuang itu di bidangnya masing-masing.

Sementara itu Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy menjelaskan, setelah BRI memberikan Green line untuk bisa diserahkan kepada pemerintah kota maka sejumlah langkah-langkah telah ditempuh oleh pemerintah kota baik dalam bentuk sosialisasi maupun meyakinkan pihak-pihak yang terkait untuk bisa berproses dalam rangka penyerahan.

“Sampai dengan terakhir segala upaya pemerintah kota ini telah disupport oleh kantor staf presiden dan berhasil berkordinasi terakhir sesuai akfis dari kebudayaan kementrian untuk persiapan penyerahan benda-benda pusaka perlu ada kajian secara khusus tentang fungsi-fungsi dan visi ke depan dalam upaya pemanfaatan benda-benda itu,”tutur Louhenapessy.

Baca Juga  Modus penyelundupan narkoba melalui komoditas pertanian belum ada di Ambon

Louhenapessy menambahkan, dalam kaitan itu lalu kita mengadakan audensi dengan dirjen dan pak dirjen memberikan support dan dukungan yang luar biasa bagi pemerintah kota dalam upaya untuk menerima proses penyerahan benteng Viktoria.

“Hasil kajian ini dia amat sangat penting nilainya karena dari hasil kajian ini kemudian kita akan berproses ke kementrian keuangan sebagai persyaratan utama dari hasil kajian yang harus dilengkapi sebagai upaya untuk penerimaan atau penyerahan kembali benteng ke pemerintah kota,” terangnya.

Dirinya juga mengatakan, dari informasi yang diperoleh timnya pak dirjen sudah kerja keras dibawah pimpinan Ibu Widya dan hari ini pak Dirjen akan menyerahkan yang pertama Sertifikat benteng Viktoria ke pemerintah kota Ambon dan yang kedua hasil kajian dari tim kajian tentang benteng ini bagi pemerintah kota Ambon.

Baca Juga  Pengurus DPW NasDem Malut Berganti, Malik Ibrahim Sekretaris Umum

“Ini sebuah sumbangsih yang luar biasa dari kementrian secara khusus dari direktorat kebudayaan bagi pengembangan budaya di kota ini,”kata Walikota.

Selain itu, walikota meminta kesedian dirjen untuk meresmikan tugu nisan berbentuk bintang yang bertuliskan nama pahlawan asal Maluku di bawa patung Pattimura, baik itu anak buahnya Pattimura maupun para pejuang-pejuang Maluku yang telah diakui sebagai pahlawan nasional yang semuanya kita buat dalam bentuk tugu nisan berbentuk bintang sebagai penghargaan kepada mereka. (nicolas)

No More Posts Available.

No more pages to load.