Diskominfo Provinsi Maluku Gelar Forum OPD Tahun 2021

oleh -37 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Maluku menggelar forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Tahun 2021 di Manise Hotel pada, Rabu (3/3/2021).

Forum OPD ini dihadiri oleh OPD lingkup pemerintah Provinsi Maluku dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten/Kota se-Maluku dengan tema “semangat digitalisasi wujudkan Maluku yang terintegrasi”.

Gubernur Maluku, Murad Ismail dalam sambutannya yang diwakilkan oleh Sekda Maluku, Kasrul Selang mengatakan bahwa penyusunan rencana kerja yang dibuat harus mengacu pada Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014, tentang pemerintah daerah dan DPRD Nomor 18 Tahun 2016 tentang perangkat daerah, yang membagi kewenangan urusan wajib non pelayanan pada urusan komunikasi dan informatika, urusan persandian dan statistik dan Permendagri Nomor 90 Tahun 2019 tentang klasifikasi, kodefikasi dan nomenklatur perencanaan pembangunan dan keuangan daerah, serta untuk selalu mempedomani Permendagri Nomor 77 Tahun 2020 tentang pedoman teknis pengelolaan keuangan daerah, yang diharapkan dapat menjadi pedoman penyusunan program kegiatan Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi dan Kabupaten/Kota kedepan.

Baca Juga  Ibadah Haji 2020 Ditiadakan

“Melalui Forum OPD Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Maluku ini saya mengharapkan agar dapat menghasilkan pokok-pokok pikiran yang dapat dijadikan dasar pelaksanaan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik dan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2008 tentang pelayanan publik”, harapnya.

Ia mengungkapkan upaya pemerintah dalam menerapkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi di sektor pemerintah sekolah dan masyarakat terus digalakkan. Oleh karena itu, Gubernur berharap setiap OPD lingkup pemerintah Provinsi Maluku segera membentuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) demi mendukung penyelenggaraan pemerintahan berbasis elektronik yang harus dilaksanakan secara efisien, efektif dan transparan dengan mengoptimalkan jejaring komunikasi, koordinasi dan kolaborasi lintas OPD dan instansi vertikal lainnya termasuk dengan elemen masyarakat.

Baca Juga  Perguruan Fajar Putih Pertanyakan Anggaran KONI Halbar

Ia juga berharap agar OPD yang membidangi urusan komunikasi dan informatika, urusan persandian dan urusan statistik, terus berupaya untuk memfungsikan dirinya sebagai fasilitator, mediator serta koordinator fungsi-fungsi komunikasi dan informatika.

Ditempat yang sama, Sekretaris Diskominfo Provinsi Maluku, Erni Sopalauw mengatakan tujuan dari pelaksanaan forum OPD adalah untuk menyamakan persepsi terkait dengan kegiatan program/kegiatan Diskominfo Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Maluku. Terkait dengan tema forum OPD, Ia mengatakan kedepannya Diskominfo akan membuat jaringan intra pemerintah daerah.

“Kita ambil tema itu karena kedepan kita akan membuat jaringan intra pemerintah daerah seperti yang tadi kami sampaikan bahwa nanti ada terintegrasi antara OPD pemerintah provinsi dan juga kabupaten/kota se-Maluku. Dimana semua kegiatan OPD yang terkait dengan era digitalisasi ini bisa terintegrasi antara OPD yang satu dengan OPD lainnya karena untuk sementara ini belum terintegrasi sehingga kedepannya kita akan membangun jaringan intra pemerintahan daerah sehingga bisa mendukung sistem pemerintahan berbasis elektronik sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang sistem pemerintahan berbasis elektronik”, ungkap Erni. (alena)