Dispendikbud Maluku Rencanakan Uji Kompetensi Kepsek

Porostimur.com | Ambon: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku merencanakan akan melakukan uji kompetensi kepada seluruh Kepala Sekolah (Kepkse) SMA/SMK se-Maluku.

“Ia kami merencanakan untuk melakukan tes kompetensi kepada seluruh Kepsek,”ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Maluku, Insun Sangadji kepada awak media di kantor Gubernur, Rabu (22/01/2020) kemarin.

Ditanya kapan dilakukan uji kompetensi, jelasnya akan dilaksanakan setelah pelaksaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/SMK-sederajat.

“Jadi sekarang ini kita fokus untuk Ujian Nasional, setelah itu baru kita pikirkan untuk ujian kompetensi bagi kepala sekolah,” tuturnya

Dikatakan, uji kompetensi ini berkait dengan penempatan Kepala Sekolah, mengingat ada sejumlah jabatan Kosong dikarenakan pensiun dan ada yang memintah pindah ke daerah lain, sehingga untuk saat ini ada banyak jabatan Kepsek yang diisi oleh pelaksana tugas (PlT).

Setelah dilaksanakan Uji Kompetensi, kata Sangadji akan dilakukan rotasi Kepsek.

Ditaambahkan, untuk rotasi penempatan Kepala Sekolah, sebagai pihak yang mengusulkan, ia menyerahkan sepenuhnya kepada Gubernur, yang mempunyai kewenangan.

“Untuk rotasi kepala sekolah, itu kewenangan Gubernur, Saya hanya mengusulkan. Yang pastinya yang terbaik akan dipersembahkan untuk Maluku,” pungkasnya. (nace)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: