Diterpa Panas Ekstrem dan Kekeringan, Kota Kuno di Filipina Berusia 300 Tahun Muncul Lagi

oleh -7 views
Kota kuno di Filipina muncul lagi setelah tenggelam 300 tahun yang lalu. (CNN/Ezra Acayan)

Porostimur.com, Manila – Sebuah kota kuno berusia 300 tahun di Filipina yang sebelumnya tenggelam kini muncul lagi akibat terpaan panas ekstrem yang terjadi belakangan ini di negara itu. Dikutip CNN, Jumat (3/5/2024), kota kuno itu muncul dari Bendungan Pantabangan di Filipina yang telah mengering.

Beberapa bagian struktur kota seperti reruntuhan gereja, kuburan hingga penanda balai kota terlihat jelas ketika air yang ada di bendungan itu mengering karana kondisi panas ekstrem.  

“Sudah beberapa bulan hampir tidak ada hujan dan bangunan kota itu tiba-tiba muncul,” kata  Marlon Paladin, seorang insinyur pengawas untuk Administrasi Irigasi Nasional Filipina.

Diketahui kota kuno tersebut memang sengaja ditenggelamkan ketika proses pembangunan bendungan dilakukan. Kini dengan kondisi panas ekstrem yang terjadi di Filipina, kota kuno itu kembali terlihat.

Baca Juga  7 Perilaku ini Bisa Halangi Datangnya Rezeki, Jangan Dilakukan Ya!

Menariknya reruntuhan kota itu kini jadi daya tarik wisata bagi masyarakat sekitar dann wisatawan. Terkait kondisi panas ekstrem, seperti sebagian besar Asia Tenggara, Filipina merupakan negara di Asia Tenggara yang jadi sorotan. Dalam lima hari terakhir, indeks panas di beberapa daerah telah melebihi 40 derajat Celsius.

Kota Munoz, yang dekat dengan Bendungan Pantabangan juga mengalai panas eksrrem hingga di atas 41 derajat Celsius. Sementara wilayah Filipina lainnya juga tak kalah mengkhawatirkan.