DJP Kirim ‘Surat Cinta’ ke 25 Juta Wajib Pajak, ini isinya!

oleh -19 views

Porostimur.com, Jakarta – Direktorat Jenderal Pajak (DJP) mulai mengirimkan email pengingat untuk melaporkan surat pemberitahuan tahunan (SPT) pajak terhadap 25 juta wajib pajak secara bertahap per hari ini.

Sebanyak 25 juta wajib pajak itu dipilih dengan beberapa pertimbangan, yakni tingkat kepatuhan pelaporan SPT tiap tahunnya hingga data-data yang dimasukkan dalam SPT nya kerap tidak lengkap.

“Ini kan ada profiling juga yang datanya enggak lengkap kepatuhannya, jadi kita prioritaskan,” ujar Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan Dwi Astuti, pada Rabu (28/2/2024).

Jumlah wajib pajak yang menerima surat cinta ini untuk melaporkan SPT dari DJP yang terdiri dari wajib pajak orang pribadi sebanyak 23 juta dari total wajib pajak orang pribadi 73,13 juta. Kemudian, wajib pajak badan 1,5 juta.

Baca Juga  Prediksi Chelsea vs Bournemouth: Langkah The Blues Akhiri Musim dengan Baik

Adapula khusus kepada para pemberi kerja wajib pajak orang pribadi, atau perusahaan tempat pekerja itu bekerja ada sebanyak 396.622. 

Ditjen Pajak mengingatkan melalui email yang diterima wajib pajak nantinya memiliki domain belakang @pajak.go.id. 

“Selain itu pasti penipuan karena di kita DJP tidak pernah kirim file, apalagi apk, dan domain resmi kita pajak.go.id. jadi di luar itu yang kirim email dipastikan bukan dari DJP,” jelas Dwi.