DLHP Kota Ambon Gelar Kegiatan Pilah Sampah untuk Siswa SD

Porostimur.com | Ambon: Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP) Kota Ambon menggelar kegiatan Pilah Sampah di 8 (delapan) sekolah dasar di kompleks PDK Ambon, Rabu (12/02/2020).

Kegiatan ini digelar dalam rangka meningkatkan budaya sadar sampah serta kesadaran tentang pentingnya lingkungan hidup sejak usia dini.

Kegiatan tersebut diawali dengan sosialisasi pilah sampah, antara lain sampah organik, sampah unorganik dan sampah B3 lewat gambar animasi agar mudah diterima oleh anak-anak sekolah dasar.

Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan lomba pilah sampah yang diikuti oleh siswa-siswi sekolah dasar di kompleks PDK dan pemenang dari lomba ini mendapatkan tumbler sebagai hadiah. DLHP juga memberikan bantuan tempat sampah kepada pihak sekolah yang diserahkan langsung oleh Kepala DLHP, Luzia Izaak.

Dilansir dari laman resmi Pemerintah Kota Ambon, ambon.go.id, Luzia Izaak menjelaskan, kesadaran tentang pentingnya peduli lingkungan, terkhusus pengelolaan sampah termasuk di lingkungan sekolah perlu dibudayakan sejak dini. tanpa terkecuali di lingkungan Sekolah Dasar. Anak-anak sekolah dasar juga harus diajarkan peduli terhadap lingkungan dimana mereka bersekolah dan belajar.

“Kiranya dengan program ini dapat membuat anak-anak sekolah dasar ini memiliki kebiasaan yang baik dan menjaga lingkungan terkhusus perilaku dalam membuang sampah,” kata Kadis.

Ketika memberikan materi, masih ada siswa yang belum memahami dan belum bisa memilah jenis-jenis sampah sehingga sangat diharapkan pihak sekolah juga bisa meneruskan program ini agar anak-anak sekolah dasar ini menjadikan memilah sampah sebagai kebiasaan, tambah Kadis DLHP.

Selain kegiatan ini DLHP juga akan melaksanakan aksi bersih pantai dan penanaman mangrove di pantai nania dan lomba mural di daerah karang panjang. Dan yang menjadi puncak dari rangkaian acara adalah peringatan Hari Peduli Sampah Nasional pada tanggal 21 Februari 2020 mendatang. (shinta/agi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: