Dorong Pemulihan Ekonomi, BNI Beri Pendampingan Bagi UMKM Maluku

oleh -9 views
Link Banner

Porostimur.com – Ambon: PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Maluku untuk percepatan pembangunan di Provinsi Maluku, khususnya pengembangan UMKM yang berorientasi ekspor. Hal ini sebagai langkah terhadap percepatan pemulihan ekonomi di daerah tersebut.

Pemimpin BNI Wilayah 07, Hadi Santoso, menyatakan bahwa pihaknya akan terus berkomitmen untuk mendukung program-program yang dicanangkan oleh Pemerintah Provinsi Maluku dalam rangka mempercepat Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Di antaranya melalui pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan memberikan pendampingan dan fasilitas kredit yang dapat menguatkan permodalan bagi para pelaku usaha.

“Saat ini BNI juga telah menyediakan layanan bagi pelaku UMKM untuk dapat menjangkau dan mengakses informasi terkait pasar Ekspor melalui program BNI Xpora dengan melakukan pendampingan, konsultasi masalah permodalan dan transaksi,” kata Hadi dalam pernyataanya, Selasa (28/9/2021).

Dia menambahkan, dukungan BNI lainnya juga ditujukan dengan membantu menghubungkan dengan diaspora di luar negeri dengan bersinergi dengan Kantor Cabang BNI di Luar Negeri. Serta melalui pendampingan dari Dinas terkait.

Baca Juga  Polres Buru Launching Kursus Bahasa

“Dekranasda dan perbankan kepada pelaku UMKM di Provinsi Maluku akan dapat menghasilkan produk yang memiliki daya saing tinggi untuk dipasarkan lokal maupun global. Di Kota Ambon akan dibuat booth display UMKM dan Kerajinan Nasional Daerah yang berlokasi di Bandara Pattimura. Booth mini Xpora ini dapat dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM untuk memperoleh informasi terkait Ekspor,” jelasnya.

Dia berharap dengan berbagai langkah tersebut ke depan produk-produk UMKM Maluku dapat bersaing dan lebih memiliki nilai jual ke pasar internasional.

MoU dengan Pemprov Maluku dihadiri Hadi Santoso, Ketua Tim Gubernur Percepatan Pembangunan (TGPP) Provinsi Maluku Hadi Basalamah, dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Maluku Lutfi Rumbia, Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Dr Suryadi Sabirin, Kepala Pelindo serta Direktur dan komisaris PT Maluku Energi Abadi. (nur)