DPR Kota Ternate Minta PDAM Perbaiki Kinerja

oleh -31 views
Link Banner

@porostimur.com | Ternate: Wakil Ketua DPRD Ternate Iqbal Ruray meminta manajemen Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) mengurangi kebocoran air.

Kepada porostimur.com, Minggu (13/7), Iqbal mengatakan, dari perhitungan, 1,3 juta meter kubik air PDAM keluar, tetapi yang terdata melalui rekening hanya 800 juta m3.

“Jadi, sisanya itu kebocoran. Oleh karena itu, PDAM harus mentelusuri di mana yang bocor agar bisa dapat mengurangi angka kekurangan air,” ujarnya.

Iqbal Ruray mengakui bahwa kebocoran air yang terjadi bisa mengurangi pendapatan dari PDAM karena air yang ditarik dari sumur itu memakai tenaga listrik, sehingga selain menambah pengeluaran, bisa mengurangi pendapatan PDAM.

Link Banner

“Tarik air dari sumur ke atas musti bayar listrik tentu jika PDAM dapat mengurangi kebocoran otomatis pendapatan bisa meningkat,”tuturnya.

Baca Juga  Upacara HUT RI ke 75 di Lapangan Merdeka Ambon Berlangung Dibawah Protokol Kesehatan Covid-19

Oleh karena itu, dirinya berharap, PDAM harus melakukan langkah teknis untuk bisa deteksi air yang ada di Ternate dan harus meningkatkan pelayanan Dan memperbaiki kinerjanya agar masyarakat bisa merasakan pelayanan dari PDAM.

Dia juga mengimbau PDAM tetap menjaga ketersediaan air bersih untuk melayani pelanggan di Kota Ternate.

“Saya telah melihat secara langsung pengelolaan air bersih di PDAM, guna melihat kinerja dan berbagai persoalan selama melayani pelanggan dalam memperoleh air bersih,” katanya.

Calon Walkkota Ternate ini mengatakan, saat melakukan sidak, telah melihat dan berdiskusi dengan jajaran PDAM terkait dengan beberapa poin yang harus diketahui.

“PDAM harus berinovasi, karena perkembangan kebutuhan air bersih di Kota Ternate makin hari makin meningkat sebab ada pemukiman baru yang muncul, maka dari itu PDAM harus siap dan tetap meningkatkan pelayanan air bersih ke masyarakat,” ujarnya. (raks)