DPR Minta Kapolri Buktikan Omongannya Soal Penyusup Asing di Papua

oleh -39 views
Link Banner

Porostimur.com | Jakarta: Komisi III DPR RI meminta Kapolri Jenderal Tito Karnavian membuktikan ucapannya soal adanya penumpang asing dalam kerusuhan di sejumlah lokasi di Papua dan Papua Barat.

Anggota Komisi III DPR RI Arsul Sani tidak ingin pernyataan Kapolri terkait adanya pihak asing dalam beberapa aksi kerusuhan hanya sekedar statement sensasional yang menguap begitu saja alias tidak jelas kebenarannya.

“Pak Kapolri kan pimpinan dari lembaga penegak hukum, tidak kemudian mengeluarkan statement-statement seperti itu, meguap begitu saja,” ujar Arsul di Komplek Parlemen,Senayan, Jakarta, Senin (2/9).

Arsul pun meminta Kapolri beserta jajarannya untuk segera bertindak dengan cara menangkap dan mengumumkan pihak asing yang turut terlibat dalam kerusuhan di Papua.

Link Banner

“Penumpang asing itu harus diselidiki secara tuntas dan kemudian bisa diproses hukum harus ditingkatkan ke penyidikan,” tukasnya.

Baca Juga  PPP sebut sikap Trump soal Yerusalem picu amarah umat Islam dan Kristen

Pendapat senada disampaikan Wakil Ketua Komisi Hukum DPR dari Fraksi Gerindra, Desmond J. Mahesa. Dia mengatakan Tito harus membuktikan pernyataannya itu. “Kalau Kapolri ngomong ada asing namun tidak bisa dibuktikan, kan ini jadi fitnah,” kata Desmond secara terpisah.

Dia mengimbuhkan, Kapolri seharusnya menyampaikan hal yang sudah dibuktikan kebenarannya. “Kalau kebenarannya tidak bisa dibuktikan ini kapasitas Kapolrinya jadi downgrade lah,” kata dia.

Sebelumnya Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengungkapkan, kelompok perusuh di Papua melibatkan pihak asing dalam beberapa aksi yang sempat terjadi di wilayah tersebut.

“Kami sama-sama tahu dari kelompok-kelompok ini ada hubungannya dengan network di international ya jadi kami harus menanganinya memang di dalam negeri maupun di luar negeri,” kata Tito kemarin. (RTL/red/pojoksatu)