DPRD Ambon Gelar Uji Publik Tiga Ranpeda

oleh -29 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ambon bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melakukan uji publik terhadap tiga buah Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda), Kamis (5 /11/2020) kemarin di ruang tapat paripurna DPRD Ambon.

Uji publik tiga Ranperda ini di hadiri Kepala Bagian Hukum Kota Ambon, Jhon Slarmanat, dinas terkait maupun sejumlah anggota DPRD Ambon.

Kepala Bagian Hukum Kota Ambon, Jhon Slarmanat mengatakan, dari tiga Ranperda ini, dua diantaranya usul inisiatif Pemkot Ambon yakni perubahan atas perda Nomor 4 Tahun 2016 tentang susunan perangkat daerah dan ranperda penyelenggaraan kearsipan Kota dan satu ranperda usul inisiatif DPRD Kota Ambon terkait protokol kedewanan.

Baca Juga  Malut Termasuk 18 Provinsi yang Pastikan Tak Naikkan UMP 2021

“Hari ini (kemarin) kita lakukan uji publik tiga ranperda sekaligus dan ketiga telah diterima,” ungkapnya

Link Banner

Jhon menjelaskan, untuk uji publik ranperda tentang susunan perangkat daerah, sesuai substansi hanya hanya merubah satu pasal yakni untuk bagian Kesbangpol. Sebab, Kesbangpol ini dalam perda Nomor 4 Tahun 2016, masih menjadi bagian dari sekretariat pemerintah.

“Dengan Permendagri terbaru serta dilakukan konsultasi dan permohonan untuk dilakukan fasilitasi di pemerintahan, Kesbangpol ini kemudian disetujui untuk menjadi badan. Dan hari ini kita uji publik untuk mendapat keabsahan payung hukum yang pasti,” jelasnya

Kemudian, Ranperda tentang penyelenggaraan kearsipan kota Ambon karena pada dasarnya arsip ini menjadi sangat penting. Arsip memiliki nilai guna dan manfaat serta mempunyai fungsi sebagai alat bukti saat proses hukum di pengadilan.

“Arsip ini wajib dan menjadi sangat penting. Oleh karenanya, harus memiliki payung hukum,” ungkapnya.

Baca Juga  Kaban Kesbangpol Halmahera Barat Diperiksa Bawaslu

Sementara Ketua Pansus Ranperda Kearsipan DPRD Ambon, Julius Joel Toisuta mengatakan, dinas, BUMD dan semua yang hadir dalam uji publik telah menyepakati ranperda yang telah dilakukan uji publik.

“Ini baik dan telah disetujui dalam uji publik barusan. Kita harap dengan adanya perda ini, bisa mendukung untuk pemerintahan yang baik serta ada kemajuan ke depan,” ungkapnya. (nona)