DPRD Ambon Respon Penutupan Akses Jalan Oleh Warga Gadihu

oleh -106 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Jalan masuk kompleks Gadihu, Kawasan Kebun Cengkeh, Kota Ambon ditutup warga lantaran mengalami kerusakan parah, pada sebagian besar badan jalan.

Pada hal jalan ini menjadi salah satu jalan alternatif yang paling sering dilewati oleh warga Ahuru dan Karang Panjang untuk menghindari kemacetan yang kerap terjadi di jalan Kebun Cengkeh.

Penutupan dilakukan sejak Rabu (4/11/2020) sore kemarin oleh warga setempat.

Warga memblokade jalan masuk dengan barikade yang dipasangi spaduk pemberitahuan penutupan serta menanam pohon pisang

Menyikapi hal ini, Wakil Ketua DPRD Kota Ambon, Rustam Latupono yang ditemui wartawan usai melakukan kunjungan ke lokasi menyatakan dukungannya atas aksi demo dan penutupan jalan yang dilakukan warga kompleks Gadihu tersebut.

Baca Juga  Kontraktor Abai, Ruang Kelas Baru SDN 135 Halsel Terbengkalai

“Tentu demo ini positif ya. Ini bagus supaya pemerintah bisa lebih serius melihat persoalan di masyarakat dan DPRD juga bisa lebih getol memperjuangkan aspirasi masyarakat,” ungkapnya.

Rustam menjelaskan, anggaran untuk pekerjaan di ruas jalan Gadihu, sebenarnya sudah disiapkan di tahun 2020 ini, namun karena pandemi Covid-19, makanya terjadi refocusing yang mengakibatkan pekerjaannya ditunda untuk tahun 2021.

“Jadi nanti masuk di DAK 2021. Anggarannya kurang lebih sebesar Rp 2 miliar. Ya saya rasa ini bisa cukup untuk membuat jalan yang lebih baik di Gadihu,” ungkapnya.

Rustam menjelaskan DPRD Kota Ambon sudah mengkomunikasikan masalah ini dengan Dinas PU Kota Ambon dan langsung turun ke lokasi.

Baca Juga  Fajar Nugros & Anjas Maradita Jadi Juri INDODAX Short Film Festival 2020

“Jadi alat berat sudah turun dan akan dilakukan pekerjaan seadanya. Yang penting di titik-titik terparah dulu. Untuk keseluruhan, nanti di tahun 2021,” jelasnya

Rustam juga menjelaska bahwa penutupan jalan oleh warga sudah dibuka dan kini jalan tersebut sudah dapat diakses kembali.

“Blokade jalan tadi sudah dibuka. Mudah-muhaan hari ini mereka perbaiki besok akses normal kembali,” ungkapnya. (nona)