DPRD Kota Ambon Uji Publik Raperda Penyelenggaraan Perpustakaan

oleh -35 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Komisi III DPRD Kota Ambon bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Ambon, melaksanakan uji publik terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Perpustakaan, di Ruang Paripurna DPRD Kota Ambon, Jumat (23/10/2020).

Ketua Pansus Taha Abubakar mengatakan, setelah melewati berbagai proses kini Ranperda Perpustakaan sampai pada tahap uji publik untuk menerima masukan dan selanjutnya disahkan sebagai Perda.

Taha yang ditemui wartawan usai melakukan uji publik mengatakan dalam hasil uji publik tadi ada hal yang belum sempurna.

“Kami sangat berterima kasih kepada para peserta uji publik karena banyak hal yang disampaikan kepada kami baik itu masukkan pikiran maupun koreksi”, ungkapnya.

Ia juga menjelaskan bahwa hasil dari uji publik akan di kembalikan kepada tim penyusun di Balekda pemerintah kota.

Baca Juga  Dino Umahuk dan Ongkie Anakoda Dapat Mandat Bentuk Pengurus JMSI Maluku

“Apa yang menjadi hasil kerja pansus tentunya itu akan di kembalikan kepada tim penyusun di Balekda pemerintah kota untuk melengkapi sesuai apa yang di sampaikan oleh perserta uji publik tadi”, ungkapnya.

Sementara itu Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Ambon, Petra Pattiasina menjelaskan, Ranperda ini dibuat dengan mengacu pada UU Nomor: 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan dan PP Nomor 24 Tahun 2014 tentang Pelaksanaan UU Nomor 43 Tahun 2007.

Petra bilang, dalam penyelenggaraan perpustakaan ini juga mengatur tentang budaya kegemaran membaca.

“Dalam Ranperda ini kita punya 19 Bab dan 56 Pasal. Pada Bab V, Pasal 5 dan 6, itu bicara tentang kewenangan dan kewajiban Pemerintah Daerah. Dan pada Bab VI, Pasal 7-21, itu bicara tentang jenis perpustakaan, yang mana ada perpustakaan umum, perpustakaan sekolah, perpustakaan perguruan tinggi dan perpustakaan khusus yang diatur dalam Perda ini juga,” jelasnya.(nona)