DPRD Kota Ternate Tolak Pembongkaran Labkesda

oleh -26 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Ketua DPRD Kota Ternate, Muhajirin Bailusy mempertanyakan tindakan Perusahaan Daerah (Perusda) Holding Company yang membongkar Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) milik Pemkot Ternate.

“Kok tiba-tiba Kimia Farma sore ini sampai besok pagi mau bongkar sebagian dari Labkesda. Padahal seluruh kesepakatan yang dibuat oleh pemerintah kota itu harus ada pemberitahuan ke DPRD,” ucap politisi PKB itu, Jumat (18/9/2020)

Sebelumnya diketahui bahwa PT. Holding Company telah melakukan kesepakatan kerja sama dengan Kimia Farma untuk pembuatan apotek. Namun, menurut Muhajirin, kerja sama itu dibuat tanpa sepengetahuan DPRD.

Padahal, lanjut dia, jika ingin membuat apotek pemerintah seharusnya mencari tempat lain, sehingga tak perlu lagi mengorbankan gedung yang telah dibangun.

Link Banner

Terlebih lagi, gedung tersebut baru saja selesai dibangun dengan menggunakan anggaran multiyears.

Baca Juga  Ketika Che Guevara Berhadapan dengan Legenda Real Madrid Alfredo Di Stefano

“Gedung itu kan baru selesai dibangun kok dibongkar lagi. Ini model pengelolaan Perusda yang tidak baik. Kemudian secara administrasi dan hukum pun tidak baik,” tegasnya.

Oleh karena itu, Dia memerintahkan Komisi III DPRD Kota Ternate untuk segera mengawal persoalan ini.

“Tidak ada pembongkaran Labkesda, kalau sampai ada pembongkaran, kita masuk lewat pintu”, pungkasnya.

Sementara itu, Anggota komisi III dari Fraksi NasDem, Nurlaela Syarif mewanti-wanti kepada pemerintah agar tak membuat kebijakan yang semena-mena.

Sebab menurutnya, peran Labkesda sangat besar bagi masyarakat Kota Ternate, apalagi pada masa pandemi COVID-19.

“Seharusnya di dalam kesepakatan tersebut tidak merugikan pihak-pihak tertentu. Apalagi ini adalah fasilitas publik. Pemkot tidak boleh semena-mena atas dasar MoU yang belum ada analisa untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD),” tandasnya mengutip cermat. (al/kump)