DPRD Maluku Desak PT Pelni Sikapi Awak Kapal Buang Sampah ke Laut

oleh -62 views

Porostimur.com, Ambon – Baru-baru ini beredar video viral di aplikasi tiktok yang menayangkan anak buah kapal yang membuang sampah di tengah laut. Diduga kapal tersebut merupakan kapal Sabuk Nusantara 106.

Terkait hal itu, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Maluku Anos Yeremias, mengatakan, kasus ini sedang diusut untuk membuktikan apakah kapal tersebut merupakan kapal Sabuk Nusantara 106.

“Sementara ini sedang diusut apa benar kapal tersebut merupakan kapal Sabuk Nusantara 106, karena mereka juga sedang mencari kira-kira ABK itu siapa, tadi juga sudah dilakukan meeting dengan seluruh kru dan ketika ditanyakan ke semua kru ternyata tidak satupun yang mengakui bahwa itu adalah perbuatan mereka,” jelasnya, di gedung DPRD, Karpan, Selasa (9/1/2024).

Baca Juga  Masuk Kalender KEN 2024, Festival Banda Naira Bakal Digelar November Mendatang

Politisi Partai Golkar itu menambahkan, dalam video yang beredar nomor lambung kapal tidak kelihatan, sehingga pihaknya tidak bisa memprediksi apakah kapal tersebut merupakan kapal Sabuk Nusantara 106 atau bukan, mengingat saat ini kapal sabuk memiliki jumlah yang banyak dan tidak hanya ada di perairan Maluku.

“Kita belum bisa menjustifikasi apakah aksi pembuangan sampah itu di KM Sabuk 106, mudah-mudahan yang menyebarkan video ini juga bisa menyampaikan posisi dia jangan cuma viralkan tetapi tidak kelihatan nomor lambung kapal, kami sedang berupaya untuk mencari tahu sebenarnya itu kapal merupakan kapal sabuk 106 atau bukan,” tukasnya.

Yermias menegaskan apabila tindakan tersebut benar dilakukan oleh ABK kapal Sabuk Nusantara 106, maka operatornya yang merupakan PT Pelni harus mengambil tindakan.

Baca Juga  Mangkir Panggilan, KPK Ultimatum 4 Orang Saksi Kasus Proyek Malut

Ia juga menegaskan agar seluruh kapal baik kapal penumpang maupun kapal barang agar tidak membuang sampah sembarangan ke laut.

“Kami sudah minta itu menjadi perhatian pimpinan PT Pelni Cabang Ambon dan itu sudah kami tindaklanjuti dari tadi pagi. Ini juga menjadi peringatan kepada seluruh kapal, baik kapal penumpang atau kapal barang agar jangan membuang sampah sembarangan di laut. Ada tempatnya siapkan kantong sampah kemudian ketika tiba di pelabuhan baru dibuangdibuang,” papar Yeremias.

“Operator juga siapkan angkutan untuk mengangkut sampah-sampah. Jadi jangan buang sembarangan di laut, kalau itu ada ketahuan kami minta operator memberhentikan yang bersangkutan” pungkasnya. (Nurfauzia)

Simak berita dan artikel porostimur.com lainnya di Google News

Baca Juga  Arsenal Ngeri-ngeri Sedap di 2024

No More Posts Available.

No more pages to load.