DPRD Maluku Tetapkan 19 Ranperda Jadi Propemperda Tahun 2022

oleh -165 views
Link Banner

Porostimur.com, Ambon – DPRD Provinsi Maluku menyetujui 19 Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Tahun 2022 untuk dijadikan Program Pembentukan Perda (Propemperda).

Persetujuan itu dilakukan dalam Rapat Paripurna DPRD Provinsi Maluku dalam Rangka Persetujuan Penetapan Propemperda Tahun 2022 dan penetapan 10 Ranperda menjadi Perda yang dipimpin Wakil Ketua DPRD, Melkianus Sairdekut dan dihadiri oleh Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno.

“Peraturan daerah di mana disampaikan bahwa ada 19 Rancangan Peraturan Daerah yang telah kita tetapkan tadi, dari 19 itu 14 Ranperda berasal dari pemerintah daerah dan 5 adalah usul insentif DPRD. Itu program pembentukan Peraturan Daerah untuk Tahun 2022,” ungkap Wakil Ketua DPRD Maluku Melkianus Sairdekut kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (9/3/2022).

Baca Juga  Sairdekut Minta Pemprov Maluku Umumkan Besaran Bonus Atlet PON

Sairdekut berharap, 19 Ranperda bisa ditunaikan oleh Badan Pembentukan Peraturan Daerah atau Bapemperda di DPRD provinsi dan komisi-komisi terkait sehingga sebelum akhir tahun anggaran 2022, seluruh rancangan peraturan daerah yang terdiri dari sebagaimana saya sampaikan tadi 19 peraturan daerah itu terselesaikan dengan baik.

Sairdekut menambahkan, lima Ranperda usul inisiatif DPRD ini soal Penyelenggaraan Penyiaran, Ranperda tentang Kerjasama Daerah, Ranperda tentang Pengelolaan Hutan, Ranperda tentang Penyelenggaraan Perhubungan di Provinsi Maluku serta Ranperda tentang Pengutamaan Bahasa Indonesia Kelestarian dan Perlindungan Bahasa Daerah.

“Sudah ditetapkan tadi, sebagai program pembentukan daerah untuk tahun 2022 tinggal pembahasannya saja untuk nanti ditetapkan menjadi Perda. Jadi tadi itu namanya program pembentukan peraturan daerah untuk satu tahun ini,” ujarnya.

Baca Juga  Polda Maluku Gelar Upacara Serah Terima Pataka Polda Maluku Salawaku Emarina

Wakil Ketua DPRD ini juga mengatakan, pada Tahun 2022 DPRD provinsi Maluku dan pemerintah daerah merencanakan untuk membahas 19 Ranperda secara bersama antara pemerintah dan DPRD dalam rangka untuk menjalankan tugas-tugas legislasi DPRD. (Nicolas)

No More Posts Available.

No more pages to load.